Referensi 15 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari
Ilustrasi tanaman hias yang tidak butuh banyak cahaya (Unsplash/Annie Spratt)

Bagikan:

JAKARTA – Memilih tanaman hias bisa disesuaikan dengan tempat meletakkannya atau lokasi Anda tinggal. Jika di kawasan tropis dengan suhu hangat, bisa menyimak rekomendasi tanaman hias tetapi tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Berikut referensi tanaman hias yang bisa diletakkan di ruang tamu atau ruangan lain di dalam rumah.

Tanaman tanpa sinar matahari

1. Calathea

Calathea merupakan salah satu tanaman hias yang bisa subur diletakkan pada tempat bersuhu ruang atau sedang. Tanaman ini bisa bertahan tanpa paparan matahari langsung, tetapi tidak tahan dalam ruangan ber-AC yang cenderung kering.

2. Sirih gading

Sirih gading ada berbagai varian. Mulai dari jade, manjula, silver pothos, hingga marble queen pothos. Mayoritas bisa ditanam dengan media air dan yang menakjubkan lagi, tidak perlu banyak matahari.

3. Aglonema

Diletakkan dalam ruangan jadi ketangguhan tanaman cantik yang satu ini. Aglonema dapat mempertahankan keindahannya meski dengan paparan cahaya matahari yang redup.

4. Peperomia

Tanaman hias berdaun kecil-kecil dengan warna menggemaskan membuat ruangan dengan dekorasi peperomia akan bikin tambah nyaman. Beruntungnya lagi, tanaman ini tidak manja dan butuh perawatan yang ribet. Peperomia bisa tumbuh dengan baik dengan cahaya bohlam saja.

5. Bromelia

Untuk hiasan bawah jendela yang tidak langsung terpapar matahari, bromeliad bisa jadi pilihan. Tanaman dengan warna bunga bervariasi ini membuat kesan tropis di rumah. Justru jika terpapar matahari langsung, bromelia akan menguning daunnya.

Tanaman buah tanpa sinar matahari

6. Jeruk

Tanaman buah jeruk limau, nipis, dan Meyer lemon bisa hidup di dalam ruangan. Tanaman jeruk bisa hidup justru tidak dengan paparan matahari yang panas. Suhu ruangan dan tempat teduh serta sedikit lembab membuat tanaman buah jeruk bisa jadi hiasan ruangan sekaligus buahnya bisa dikonsumsi.

7. Alpukat

Untuk memilih bibit tanaman yang berbuah dan diletakkan dalam ruangan, direkomendasikan jenis cangkok atau stek. Sedangkan buah alpukat, menyukai area yang lembab.

Anda bisa meletakkannya di dapur dekat dengan tempat cucian piring. Bisa juga diletakkan ditempat lain dengan sedikit paparan matahari.

tanaman buah tanpa sinar matahari
Ilustrasi pohon dan buah delima (Unsplash/Feliphe Schiarolli)

8. Delima

Dengan memilih pot dan memberikan tiang untuk merambat tanaman delima, maka bisa meletakkannya di tempat yang tidak banyak terpapar cahaya matahari. Tanaman ini juga lebih suka tempat yang dingin agar pembuahannya sempurna.

9. Pohon ara

Dilansir Gardening Chores, Senin, 26 Juli, pohon buah ara bisa tumbuh di ruang tamu Anda. Bagi gardener yang tidak tinggal di kawasan sub tropis pilih meletakkan pohon buah ara di dalam ruangan. Mengapa? Sebab tanaman ini lebih suka tumbuh di suhu hangat terutama varietas Brown Turkey.

Tetapi tanaman buah ini perlu pencahayaan dari matahari meski enggak langsung. Pohon ara di pot juga tidak suka di tempat dingin. Artinya hindari meletakkan langsung di depan AC atau ruangan yang dingin.

10. Pohon ciplukan

Dikenal juga dengan groung cherries, buah ciplukan ini sangat kaya manfaat untuk kesehatan. Masa hidup tanaman ini memang tidak lama, artinya butuh pembenihan ulang ketika mulai menguning daunnya.

Tanaman air tanpa sinar matahari

11. Lucky bamboo

Bambu keberuntungan dengan batang yang dipilin dan menggunakan media tanam air acap dipajang untuk hiasan ruang tamu. Lucky bamboo punya nama botani Dracaena sanderiana. Agar terlihat lebih cantik, Anda bisa memilih vas yang estetik.

tanaman air tanpa sinar matahari
Ilustrasi lucky bamboo (Unsplash/Severin Candrian)

12. Spider plant

Tanaman air yang bisa hidup dengan paparan cahaya matahari enggak langsung, salah satunya adalah spider plant atau Chlorophytum comosum. Saat tumbuh anakan, Anda bisa memotong dan memindahkannya di pot baru.

Jangan lupa untuk mengganti airnya 2-3 hari sekali agar tidak ditumbuhi lumut.

13. Tradescantia

Rata-rata setiap varian tradescantia berwarna ungu, baik polos maupun varigata. Tanaman hias yang bisa hidup dengan media tanam air ini sudah digemari sejak lama. Biasanya, penggemar terrarium memakainya bersamaan dengan tanaman lain.

tanaman air tanpa sinar matahari
Ilustrasi tanaman hias begonia (Unsplash/Severin Candrian)

14. Begonia

Supaya akarnya tidak mudah busuk, air sebagai media tanamn begonia perlu diganti setiap seminggu sekali. Tanaman ini juga cantik diletakkan dalam pot kaca bening sehingga terlihat akarnya tumbuh.

15. Syngonium

Ada berbagai varian syngonium atau dikenal juga dengan arrowhead plant. Mulai dari berwarna komposisi hijau kekuningan dan cokelat kehijauan. Tidak hanya bisa tumbuh dengan media tanam air Syngonium juga bisa tumbuh di atas tanah yang gembur.

Paling utama dari referensi di atas adalah merawat tanaman hias tersebut dengan tepat. Apabila ditletakkan dalam ruangan dan tidak banyak paparan matahari, cek secara rutin media tanam serta akarnya. Jangan lupa secara berkala memberinya nutrisi.