Mudah Didapatkan, Ini 7 Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi
Ilustrasi sayuran penurun darah tinggi (Unsplash/Beth Macdonald)

Bagikan:

JAKARTA – Seseorang dengan darah tinggi atau hipertensi perlu memilah makanan agar tidak memicu lonjakan tensi. Salah satu cara mengatur pola makan bagi penderita hipertensi adalah dengan dietary approaches to stop hypertension (DASH).

Diet DASH memiliki aturan untuk konsumsi lebih banyak buah dan sayur. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut rekomendasi sayuran yang dapan turunkan tekanan darah tinggi.

1. Kale

Dalam satu cangkir kale mengandung 170 mg kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kardiovaskular. Sayuran hijau ini bisa dimakan mentah tanpa mayonais atau tambahan garam. Bisa juga dicampurkan dalam segelas jus buah yang aman untuk penderita hipetensi.

2. Selada

Sebuah studi membuktikan bahwa diet yang tepat untuk penderita darah tinggi adalah mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium. Selada salah satu sayuran yang kandungan kaliumnya tinggi. Bahkan dalam tiga cangkir selada mencukupi 5 persen kebutuhan harian kalium.

3. Bayam

Bukankah sayur bening sedikit garam berbahan bayam dan jagung manis rasanya menyegarkan? Ya, bayam baik untuk penderita hipertensi sebab mengandung kalium.

4. Sawi

Sebuah studi pernah meneliti mengenai manfaat sawi untuk penderita penyakit jantung. Apabila mengonsumsi sawi-sawian, risiko menderita penyakit jantung menurun secara signifikan atau sekitar 15 persen. Kandungan kalium yang tinggi dalam sawi juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Kubis

Asalkan tidak diproses dengan digoreng minyak, kubis bisa menangkal efek natrium dalam tubuh. Kubis dapat membantu mengeluarkan kelebihan natrium lewat urin. Disamping itu, kubis juga membantu melemaskan dinding pembuluh darah.

6. Brokoli

Dilansir Kompas, brokoli mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin C. Kandungan tersebut mampu menurunkan darah tinggi. Manfaat maksimal tanpa mengkibatkan risiko lain, setelah dibersihkan dan dipotong perlu didiamkan selama 40 menit untuk mengeluarkan enzim anti peradangan.

Kemudian bisa mengolahnya secara aman, seperti direbus atau ditumis dengan minyak yang rendah lemak jenuh.

sayuran penurun darah tinggi
Ilustrasi brokoli penurun tensi (Unsplash/Tyrrell Fitness and Nutrition)

7. Seledri

Bukan lagi rahasia apabila seledri efektif menurunkan hipertensi. Senyawa phthalides dalam seledri bermanfaat bagi penderita darah tinggi. Sebab senyawa tersebut bisa menurunkan tensi dan mengendurkan pembuluh darah.

Selain tujuh sayuran di atas, buah bit dan wortel juga tak kalah khasiatnya. Tetapi kalau wortel lebih baik dikonsumsi mentah agar khasiatnya lebih optimal.

Sedangkan bit dapat dikonsumsi dalam bentuk apapun, baik dijus maupun dikukus atau ditumis. Bit telah dibuktikan dalam penelitian bahwa mengandung nitrat yang efektif menurunkan tekanan darah dalam waktu 24 jam.