Cara Merawat Vagina Setelah Bercinta
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Cara merawat vagina setelah bercinta wajib diperhatikan oleh setiap wanita dewasa. Pasalnya, membersihkan organ intim setelah berhubungan seks sangat penting untuk kesehatan reproduksi.

Dikutip dari Cosmopolitan, Sabtu, 10 Juli, berikut cara merawat vagina setelah berhubungan intim dengan pasangan.

Cuci dengan air hangat

Setelah selesai berhubungan seksual, Anda bisa mulai membersihkan area kewanitaan menggunakan air hangat. Tujuannya yaitu untuk menghindari infeksi di area kewanitaan termasuk infeksi saluran kemih. Anda juga bisa memilih sabun lembut dengan pH 3- 4,5 agar bagian dalam vagina tetap lembab.

Keringkan dengan handuk bersih

Setelah dicuci, segera keringkan area vagina dengan handuk bersih. Jangan biarkan area sekitar vagina terlalu lembab karena bisa jadi sumber bakteri dan jamur. Selalu bersihkan dan keringkan vagina secara front-back untuk mencegah bakteri menyebar ke dalam vagina.

Jangan tahan buang air kecil

Jika Anda merasa ingin buang air kecil setiap selesai bercinta, itu merupakan reaksi alami tubuh. Jangan ditahan ya, sebab kencing setelah bercinta bisa membantu mengeluarkan bakteri yang ada di area saluran kencing.

Kenakan celana dalam berbahan katun

Selanjutnya, kenakanlah celana dalam berbahan dasar katun. Serat katun yang lembut bisa mencegah area vagina dari iritasi. Hindari material celana dalam berbahan nylon atau sutra yang berukuran ketat.

Konsumsi makanan kaya probiotik

Kandungan probiotik dalam makanan seperti yogurt, kombucha, kimchi, serta beberapa jenis keju mozzarella, gouda, dan cheddar mengandung bahan aktif yang dapat meningkatkan kadar bakteri baik di Miss V. Bakteri baik tersebut dapat mencegah terjadinya infeksi jamur di area kewanitaan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Cara Merawat Vagina Setelah Berhubungan Seksual.

Selain informasi soal cara merawat vagina setelah bercinta, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!