Pandemi Corona Masih Belum Usai, Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi 7 Makanan Ini
Ilustrasi (Ella Olson/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tubuh harus memiliki energi yang cukup untuk membangun stamina yang kuat. Selain olahraga, makan bergizi juga menjadi sumber energi tambahan yang diperlukan oleh tubuh.

Mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan stamina tubuh bisa membuat seseorang tak mudah terserang penyakit. Apalagi saat pandemi virus seperti sekarang ini, kondisi tubuh harus dipastikan tetap sehat agar terhindar dari risiko penularan. Diambil dari berbagai sumber, berikut 5 jenis makanan yang membantu menjaga stamina tubuh, selain vitamin untuk daya tahan tubuh.

Pisang

Pisang dipercaya sebagai makanan penambah stamina yang paling ampuh. Pisang kaya akan sumber karbohidrat dan vitamin B6. Kandungan tersebut membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

Dikutip dari Parenting Firstcry, Rabu, 23 Juni, sebuah studi membuktikan, seseorang yang mengkonsumsi pisang secara rutin membantu bersepeda lebih lama dengan jarak yang lebih jauh.

Ikan

Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber protein, vitamin B, dan asam lemak seperti omega-3. Asam lemak omega-3 dan vitamin B12 pada ikan salmon dan tuna dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan omega-3 dan vitamin B12 mengurangi rasa lelah dalam tubuh serta membantu memproduksi sel darah merah.

Telur

Telur merupakan makanan praktis kaya akan protein. Selain itu, tingginya kandungan leusin, yaitu jenis asam amino esensial bermanfaat dalam penyerapan gula dan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi. Telur juga kaya vitamin B. Vitamin ini membantu enzim dalam proses mendapatkan energi.

Apel

Apel kaya akan antioksidan. Apel mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat yang dikandung apel memberikan energi untuk jangka waktu panjang pada tubuh.

Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat yang membantu Anda tetap bertenaga sepanjang hari. Tidak hanya itu, beras merah juga kaya akan serat dibandingkan nasi putih. Sehingga, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan memberikan energi pada tubuh.

Selain itu, beberapa jenis rempah juga bisa Anda konsumsi secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi corona, seperti;

Jahe

Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi jahe. Jahe mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Di samping itu, gingerol atau zat bioaktif dalam jahe dapat menurunkan risiko infeksi dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Jahe dapat dikonsumsi sebagai bumbu makanan atau diolah menjadi minuman, misalnya wedang jahe.

Temulawak, Kunyit, dan Kencur

Bahan pangan yang tergolong ke dalam tanaman empon empon ini mengandung curcumin, bahan aktif yang dapat mengurangi inflamasi, menghambat replika virus, dan meningkatkan imunitas tubuh. Dapat dikonsumsi sebagai bumbu dalam makanan. Jika masuk angin pada orang dewasa, kencur bisa langsung dikonsumsi mentah. Sedangkan untuk bayi yang mengalami demam, kencur yang sudah dihaluskan bisa ditaruh di ubun-ubun.

Tidak hanya makanan dan rempah-rempah, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh sebagai pelengkap agar imun tubuh semakin terjaga di era pandemi Corona.