Profil Wan Abud, Wajab Arab dan <i>Ente Bahlul</i> Jadi Pembawa Rejeki untuk Fuad Alkhar
Aktor Wan Abud (Foto: YouTube Indosiar)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Fuad Alkhar mungkin tak begitu terkenal di dunia hiburan tanah air. Namun, jika menyebut nama Wan Abud tentu generasi 90-an akan langsung mengenalinya. 

Wan Abud merupakan aktor yang dikenal dengan wajah kearab-araban. Nama Wan Abud awalnya dikenal sebagai tokoh antagonis sekaligus lucu dan ikonik, yang diperankan Fuad Alkhar dalam sinetron Putri Duyung, yang mulai tayang pada tahun 1999 sampai 2004.

Bersama Ayu Azhari, Fuad yang saat itu memerankan karakter Wan Abud, tampil sangat mentereng dan kalimat berbahasa Arab kesukaannya yakni 'ente bahlul', cepat dimengerti dan masuk ke kepala penonton saat itu.

Kariernya dimulai sejak ia membintangi film Nona Manis pada 1990. Biasanya, Wan Abud main di film horor dan komedi. Wan Abud beberapa kali ikut membintangi film Warkop DKI bersama Dono, Kasino dan Indro. Terakhir, dia membintangi dilm Harim di Tanah Haram pada tahun 2015.

Hingga tahun 2017, Wan Abud masih aktif bermain sinetron Jodoh Pengantar Jenazah. Pria kelahiran Jakarta, 10 Januari 1959 ini juga pernah menyanyi dan berduet dengan pedangdut legendaris Cucu Cahyati. Keduanya menyanyikan lagi penonton yang bikin suasana pecah.

Setelah beberapa tahun berlalu, pria berdarah Betawi ini tak lagi muncul di layar lebar. Walau begitu, dirinya tetap eksis mengisi acara seperti di acara dangdut di salah satu televisi swasta.

Hilang dari sorotan kamera, Wan Abud berbisnis di bidang pesta pernikahan, mulai dari rias pengantin, dekorasi, katering, hingga hiburan. Menariknya, Fuad alias Wan Abud seolah tak meninggalkan ciri kearab-arabannya. Hiburan yang ia tawarkan adalah hiburan gambus yang syarat akan budaya timur tengah. 

Jumat, 18 Juni, Wan Abud meninggal dunia di usia 62 tahun. Saat ini jenazah Wan Abud kini masih berada di rumah duka, Jl Baiturahim 1 RT 05/01, Beji Timur, Depok.