7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan <i>Miss V</i>, Mulai Menjaga Kelembapan Hingga Kesuburan
Ilustrasi makanan yang baik untuk kesehatan vagina (Unsplash/Timothy Meinberg)

Bagikan:

JAKARTA – Kelembapan organ intim wanita sangat besar pengaruhnya pada kesuburan dan produksi pelumas alami. Kelembapan Miss V atau dikenal dengan pH normal antara 3,8 hingga 4,5. Apabila kelebihan atau kekurangan, bakteri dapat mengusik dan berakibat fatal.

Bahkan bakteri berkembangbiak ‘di sana’ bisa menyebabkan infeksi saluran kencing atau ISK. Selain perlu menjaga kebersihannya, sejumlah makanan di bawah ini dapat jadi alternatif untuk menjaga kesehatan Miss V. Apa saja? Lihat daftarnya berikut.

Cranberry

Dilansir Healthline, Jumat, 4 Juni, sebuah studi menunjukkan bahwa cranberry sangat bermanfaat mencegah ISK pada wanita. Dalam buah cranberry segar maupun jus, mengandung antioksidan dan senyawa asam yang mampu menangkal infeksi, terutama menangkal bakteri yang menempel pada dinding kantung kemih.

Ubi jalar

Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, ubi jalar baik manfaatnya. Kandungan beta karoten dan vitamin A dalam ubi terasa manis ini membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim. Selain itu juga memiliki efek langsung pada kesuburan, tak hanya bagi wanita tetapi juga pria.

Dan bagi wanita yang mengalami PCOS atau sindrom ovarium polikistik acap direkomendasikan untuk pemulihan.

Makanan tinggi probiotik

Makanan dengan probiotik tinggi seperti kimchi dan yoghurt baik untuk menyeimbangkan tingkat pH vagina dan menghalau infeksi. Kalsium dalam yoghurt juga dapat mengurangi nyeri haid.

Lemak nabati

Untuk menjaga sirkulasi dan dorongan seks yang lebih baik, makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa dikonsumsi. Makanan ini juga bisa mengatasi vagina yang kering.

Apel

Anda bisa mengisi stok makanan di lemari pendingin dengan apel, sebab berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2014 menemukan bahwa wanita yang makan apel sekali sehari memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

Kandungan fitoestrogen phloridzin dan antioksidan dalam apel dianggap meningkatkan fungsi seksual, gairah, pelumasan, dan kemampuan orgasme.

Makanan berbahan utama kedelai

Dalam kedelai ditemukan senyawa yang meniru estrogen sehingga penurunan hormon yang menyebabkan vagina kering dapat diatasi.

Alpukat

Lemak sehat dalam alpukat bisa menambah libido. Sedangkan vitamin B-6 dan potasium dapat meningkatkan produksi pelumas alami serta memperkuat dinding vagina.

Disamping tujuh daftar makanan di atas, Anda juga dapat menambahkan sayuran berwarna hijau gelap untuk menjaga kesehatan reproduksi. Sayuran hijau gelap mengandung vitamin, magnesium, dan kalsium. Manfaatnya, dapat memurnikan dan meningkatkan sirkulasi darah.