Kostum Komodo Berbobot 136 Kg Ayu Maulida di Miss Universe 2020 yang Bikin Warganet Merinding
Instagram ayumaulida97

Bagikan:

JAKARTA - Para kontestan dari berbagai negara mulai berlomba-lomba untuk menunjukkan penampilan terbaik dan membuktikan dirinya layak untuk menjadi The Next Miss Universe. Ajang Miss Universe 2020 berlangsung di Florida, Amerika Serikat.

Para kontestan menampilkan kostum nasional dari negara masing-masing pada Kamis, 13 Mei. Indonesia yang diwakili Roro Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia 2020 juga tak mau kalah menunjukkan penampilan terbaiknya demi mengharumkan nama bangsa di ajang Miss Universe 2020.

Ayu Maulida tampil mengenakan kostum bertema 'Komodo Dragon: Warisan Prehistoris Indonesia'. Melalui unggahan Instagram pribadinya, Ayu Maulida menjelaskan detail di balik kostum komodo dragon.

"Kostum nasional ini merupakan hasil kolaborasi antara desainer Diana M Putri dari Diana Couture, dan aksesoris Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design," tulis Ayu Maulida dilansir ERA.id, Jumat, 14 Mei.

Ayu Maulida menjelaskan panjang dari kostum tersebut mencapai 10 kaki (3 meter) dan beratnya lebih dari 300 pon (136 kilogram). Menurutnya, komodo adalah kadal terberat di Bumi yang brasal dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia selama jutaan tahun. Komodo sering juga disebut sebagai "Tautan terakhir ke Dinosaurus Prasejarah".

Ayu Maulida mengatakan sang desainer Diana Putri memilih alas yang didapat di balik Sequin 3D Black & Gold untuk gaunnya, menciptakan efek mewah, penuh teka-teki, dan liar yang menyerupai Komodo. Potongan dada 3D serta ekor yang dramatis dibuat dengan Pemotongan Las Kulit dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai makhluk itu. 

"Efek 3D pada ekor kemudian ditekankan dengan boning melalui balens. Untuk menambahkan efek kontes yang elegan, dasar Korset juga digunakan untuk lebih menekankan sosok Ayuma. Semua manik-manik dibuat dengan tangan, sementara semua pelat logam yang menyerupai timbangan dijahit tangan dengan rumit," ujarnya.

Ayu mengungkapkan Yuling Hoo & Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih tiga jenis logam berbeda yang digabungkan menjadi satu. Ketiga warna tersebut yaitu rustic gold, copper atau bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombre pada gaun tersebut. Timbangan dibuat dari palu dan hentakan. 

Rupanya, gaun itu memiliki lebih dari 5.000 skala agar kostum terlihat lebih elegan. Ayu juga menjelaskan beberapa kerumitan dalam membuat kostum komodo tersebut.

"Gaun tersebut terdiri dari lebih dari 5.000 skala unik untuk menciptakan pendekatan kostum yang paling mewah namun realistis. Tetapi, yang paling rumit adalah aspek mekatronika, dimana headpiece buatan tangan Komodo berhubungan dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik dan mikrokontroler. Kalung dan sarung tangan yang menyala dibuat dengan pengontrol LED," katanya.

Unggahan itu dibanjiri pujian dari netizen. Mereka merasa bangga dan mengaku merinding melihat penampilan Ayu Maulida.

"Keren banget merinding mau nangis," tulis akun @yu*****ms

"Alhamdulillah sukses! merinding! kami bangga padamu mbak!" ungkap akun @im******putri

"Queen so proud, nangis merinding lihatnya," @au*****raa