5 Makanan yang Dapat Membantu Membersihkan Usus
Ilustrasi (Magda Ehlers/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat sedang lapar, rasanya Anda ingin mengonsumsi semua makanan hingga kadang lupa mempertimbangkan baik buruk dari makanan tersebut. Menyantap berbagai jenis makanan tanpa memperhatikan manfaat dari makanan tersebut dapat berpengaruh pada kebersihan usus. Jika usus kotor, kemungkinan besar akan timbul penyakit di bagian perut dan pencernaannya.

Kesehatan usus berpengaruh pada masalah pencernaan dan penyerapan makanan secara efektif. Nah, jika Anda sering merasakan sakit di bagian perut dan pencernaan, sebaiknya konsumsi makanan-makanan sehat yang dapat membantu membersihkan usus. Apa saja daftar makanannya?

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Sayuran bisa membersihkan usus dari racun dan juga kotoran yang menempel di dindingnya. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga dapat melindungi tubuh dari racun.

Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu membersihkan usus. Ada lima pilihan buah yang bisa Anda konsumsi untuk membersihkan usus, yaitu alpukat, apel, raspberry, blueberry, dan stroberi.

Makanan fermentasi

Makanan yang difermentasi mengandung tinggi probiotik yang baik untuk pencernaan karena memiliki bakteri baik yang bisa membantu usus mengeluarkan kotoran dari makanan yang tidak sehat. Anda bisa konsumsi makanan yang difermentasi, seperti kimchi, yogurt, dan tape.

Chia seed

Chia seed yang tinggi kalsium juga bermanfaat untuk mendetoks pencernaan. Anda bisa mencampurkannya dengan air hangat dan merendamnya selama beberapa waktu. Akan lebih baik kalau dicampur dengan yogurt dan diamkan semalaman. Konsumsi di pagi hari untuk dapat membersihkan usus, ya!

Kefir dan kombucha

Kefir dan kombucha juga dapat membersihkan usus yang kotor. Keduanya dibuat melalui proses fermentasi, sehingga memiliki bakteri baik untuk menjaga kebersihan usus.