Supaya Terhindar dari Penyakit Kronis, Jalani 5 Kebiasaan Sehat ini
Ilustasi mencatat kebiasaan sehat (Pexels/Cristian Rojas)

Bagikan:

JAKARTA – Tren kebiasaan sehat selalu update setiap waktu. Apakah Anda tren yang berubah-ubah untuk mencapai kesehatan paripurna? Setiap orang tentu mengingini kondisi tubuh yang fit dengan berbagai cara. Di VOI kebiasaan apa saja yang dapat mencegah penyakit kronis.

Dilansir dari Health Essentials Cleveland Clinic, Jumat, 9 April, Mladen Golubic, MD., Ph.D., menerangkan bahwa kebiasaan sehat dapat memperlambat atau mencegah kerusakan akibat kolesterol tinggi maupun gula darah tinggi.

Dengan kebiasaan sehat di bawah ini, Anda dapat terhindar dari diabetes, obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Menjalani diet

Diet adalah usaha untuk mengatur asupan nutrisi. Ada berbagai varian diet yang pada umumnya disesuaikan dengan kondisi tubuh, misalnya diet untuk diabetes, diet untuk penderita jantung, diet keto, clean food diet, dan diet untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan saran Golubic, kebiasaan makan sehat adalah mengonsumsi makanan dari tanaman utuh, tidak dimurnikan, dan diproses minimal. Makan makanan nabati atau dari tumbuhan dapat membantu mengurangi diabetes, penyakit jantung bahkan kanker.

Anda tak harus menjadi vegan, rekomendasi Golubet, apabila Anda dapat menghindari makanan nabati olahan dan makanan olahan selain dari bahan nabati, efek positif akan dirasakan dalam waktu yang singkat.

Beraktivitas fisik

Para ahli merekomendasikan setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Jika Anda tak punya waktu, ini dapat dimulai dari hal kecil. Luangkan waktu 10 menit saja setiap harinya untuk berjalan atau naik turun tangga kurang lebih selama 10 menit.

Apabila sudah terbiasa dengan kebiasaan berjalan, tambah lagi aktivitas selama satu menit setiap harinya. Selain berjalan, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain. Yang pasti tubuh harus bergerak dan persingkat waktu duduk.

Tidur

Tidur pada malam hari, idealnys 7-9 jam setiap malam. Tetapi apabila tidak bisa mendapatkan tidur ideal setiap malamnya, tak apa. Yang pasti dibutuhkan untuk dilakukan adalah waktu tidur dan bangun yang konsisten termasuk di akhir pekan.

Hilangkan stres

Kondisi stres tidak akan baik untuk kekebalan tubuh Anda. Maka cobalah berbagai cara sehat seperti mindfulness, meditasi, dan menjaga kondisi mental Anda.

Tak jarang, pereda stres adalah makanan. Tetapi ini tidak akan menyehatkan apabila makan tak terkendali untuk menenangkan emosi. Saran Golubic, Anda dapat membuat jadwal untuk menenangkan diri. Nikmati setiap hembusan napas atau menggunakan tangan nondominan untuk melatih perhatian.

Terkoneksi dengan orang lain

Mencintai pasangan atau memiliki teman dekat membuat Anda sehat secara emosional dan fisik. Bahkan meski pandemi dan memiliki intensitas terbatas pun Anda dapat menghubungi mereka secara daring. Isolasi sosial membuat perasaan serta pikiran terhenti dan mengendap.

Golubic mengatakan, kebiasaan sehat tak jarang gagal dilakukan karena keterbatasan akses dan malas berkesadaran bahwa kebiasaan kecil dapat diambil lewat langkah-langkah kecil. Maka, kesehatan paripurna ada pada keputusan Anda untuk membiasaan aktivitas positif.