Kaki Bengkak setelah Menempuh Perjalanan Jauh? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi kaki bengkak (Pexels/Cats Coming)

Bagikan:

JAKARTA – Duduk dalam kendaraan ketika perjalanan mungkin terasa nyaman, tetapi begitu sampai rumah kaki bengkak karena pembekuan darah atau disebut dengan trombosis. Kaki bengkak ini terjadi ketika tidak dipakai bergerak dalam waktu beberapa jam maupun dalam posisi duduk terus menerus.

Secara medis, perlambatan aliran darah disebut dengan deep vein thrombosis (DVT). Sering dialami oleh banyak orang ketika lama dalam posisi duduk dan kaki tidak aktif digerakkan setidaknya dalam waktu 4 jam.

Dalam kasus tertentu, seperti dialami oleh orang dengan usia 45 tahun ke atas, obesitas, dan dalam masa kehamilan juga seringkali mengalami kaki bengkak karena trombosis.  Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan sejumlah cara di bawah ini.

Melakukan gerakan peregangan

Setelah tak digerakkan selama 90 menit lebih, kaki akan terasa mati rasa. Maka dibutuhkan untuk melakukan peregangan agar peredaran darah kembali lancar. Putar pergelangan kaki ke kanan sebanyak 10 kali dan ke arah sebaliknya dengan hitungan yang serupa.

Anda juga dapat berjalan-jalan untuk mengembalikan kondisi kaki, mengangkat paha hingga ujung kaki dan menyandarkannya ke dinding maupun senam ringan di dalam kendaraan.

Minum air rebusan ketumbar

Ketumbar mengandung zat antiinflamasi, ini artinya dapat meredakan kaki bengkak setelah melewati perjalanan jauh. Caranya, rebus 2-3 sendok teh ketumbar dalam segelas air. Saring airnya dan minum air rebusan ketumbar sebanyak 2 kali sehari.

Rendam kaki dengan air garam

Cara ini selain meredakan kaki bengkak juga sekaligus bermanfaat relaksasi. Pada umumnya, merendam kaki dengan air hangat yang telah dicampurkan garam dilakukan setelah jalan kaki jauh. Anda dapat melakukan cara ini ketika kaki membengkak karena duduk lama di kendaraan.

duduk lama kaki bengkak
Ilustrasi merendam kaki (Pexels/cottonbro)

Olesi campuran air lemon dan timun

Aromanya yang menenangkan sekaligus menyegarkan dapat mengatasi kaki bengkak. Lemon dan timun juga mengandung zat antiinflamasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengoleskan, merilekskan, dan melancarkan peredaran darah yang mulanya membeku.

Konsumsi semangka

Dengan mengonsumsi semangka, problem deuretik yang disebabkan banyaknya cairan terperangkap dan menyebabkan kaki bengkak dapat teratasi. Sedikit demi sedikit, ketika Anda mengonsumsi semangka kaki bengkak akan mengempis.

Lima cara di atas dapat Anda lakukan salah satunya. Disamping melakukan cara di atas, identifikasi lebih lanjut apabila kaki bengkak tak kunjung mereda. Sebab, kaki bengkak bisa juga mengindikasikan penyakit yang tak boleh disepelekan.