4 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Habbatussauda (Tara Winstead/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak tanaman herbal di dunia yang diyakini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Tanaman biasanya jadi alternatif untuk mencegah atau mengobati penyakit secara alami. Salah satu yang dikenal berkhasiat adalah jintan hitam atau habbatussauda. Pasti sudah sering dengar nama ini, kan? 

Jadi habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman Nigella Sativa yang merupakan tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat. Biji jintan hitam ini biasanya digunakan dalam bumbu penyedap dan pengawet pada masakan India dan Timur Tengah.

Rasanya sendiri sangat unik, ada perpaduan pedas dan pahit dengan aroma khas. Sebagai bayangan, rasanya kurang lebih seperti campuran bawang merah, oregano, dan lada hitam. 

Saat ini, habbatussauda bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk dalam kapsul maupun yang sudah jadi minyak. Nah, habbatussauda ini memang sudah dikenal sebagai rempah yang banyak manfaatnya buat kesehatan. Berikut khasiatnya: 

Menjaga kadar gula darah

Habbatussauda dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Menurut penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine 2017, mengonsumsi suplemen dengan kandungan habbatussauda dapat membantu mengendalikan kondisi gula darah puasa dan gula darah rata-rata.

Mengatasi obesitas

Pada penelitian di  jurnal Food & Function pada tahun 2015, ada kemungkinan besar bahwa minyak habbatussauda dapat mengurangi faktor risiko kesehatan pada wanita obesitas. Penderita obesitas bisa menjalani diet sehat ditambah dengan konsumsi minyak habbatussauda untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang. 

Menyembuhkan jerawat 

Kalau Anda punya masalah dengan jerawat, bisa coba diobati dengan minyak habbatussauda. Minyak ini ampuh selama berabad-abad untuk mengobati masalah kulit termasuk jerawat, ruam, dan peradangan kulit. 

Penawar racun

Habbatussauda memiliki kandungan saponin yang diyakini bisa berfungsi untuk menangkal racun pada tubuh dan darah. Ada penelitian dalam Journal of Health Sciences 2008 yang meneliti habbatussauda dapat membantu fungsi hati dalam mengelola racun dalam tubuh.