7 Manfaat Teh Selain untuk Minuman, Sudah Tahu?
Ilustrasi teh (Unsplash/k8)

Bagikan:

JAKARTA - Minuman yang dibuat dengan diseduh ini berasal dari Cina. Hingga saat ini dikenal dunia dengan sebutan teh. Ada berbagai varian teh, mulai dari teh hitam, teh hijau, dan teh oolong. Nah, apa yang menarik dari minuman beraroma dan memiliki rasa sepat ini?

Teh hijau, teh oolong, dan teh hitam berasal dari tumbuhan yang sama. Nama tumbuhannya Camellia Sinensis. Bentuk tanamannya berupa pohon perdu berukuran kecil. Daun paling muda atau pucuk daunnya diolah menjadi berbagai varian teh.

Camellia Sinensis dibedakan menjadi dua macam, pertama yang tumbuh di Cina, Vietnam, Korea dan Jepang. Yang satu lagi tumbuh di Sri Lanka, India dan Kenya dan disebut dengan Camellia Sinensis Assamica.

Setelah pucuk daun teh dipetik, lama proses oksidasi menentukan jenis varian teh. Agar warna daun teh tetap hijau, diolah dengan direbus suhu tinggi untuk mematikan enzim, digulung dan dipanaskan lagi agar kadar air yang terkandung kurang lebih 7%.

Berbeda dengan pengolahan jenis teh lainnya yang juga mempertimbangkan suhu serta treatment khusus agar menghasilkan rasa serta aroma khas.

Banyak orang keliru menganggap teh herbal sama dengan teh yang berasal dari daun. Teh herbal populer disebut tisane. Terbuat dari berbagai bagian tumbuhan, mulai dari bunga lavender, teh kayu manis, dan camomile.

Seorang pakar teh, Mel Hattie, menjelaskan bahwa setiap varian memiliki tingkat kafein yang berbeda-beda. Teh hijau mengandung kafein 12-50 mg, sedangkan teh hitam 20 mg, teh putih dalam satu cangkir mengandung 15-39 mg kafein dan teh oolong sekitar 12-49 mg.

Disamping mengadung kafein, kandungan antioksidan pada teh bermanfaat untuk tubuh. Yang paling tinggi kadar antioksidan-nya adalah teh hijau dan teh putih. Manfaatnya antara lain menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi kardiovaskular dan membuat energi tubuh tetap stabil.

Selain diminum, teh juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bisa dipakai dari sisa daun teh yang telah diseduh atau dimanfaatkan dari mulai pengolahan pertama. Manfaat teh selain diminum antara lain sebagai berikut:

  1.           Menghilangkan bau dalam kulkas, aroma di dalam kulkas akan lebih netral jika memasukkan dua  kantung teh di dalamnya.
  2.           Untuk pembersih kaca yang ampuh
  3.      Untuk merendam kaki agar lebih rileks setelah beraktivitas seharian.
  4.      Kantung teh bisa mengusir nyamuk dan serangga.
  5.           Dipakai untuk pewarna alami pada jenis kain tertentu.
  6.           Mengurangi kantung mata dan mata panda.
  7.           Mengurangi kulit kusam karena terpapar matahari.

Teh memang bukan satu minuman yang sepele. Sebab kandungan antioksidan dan kafein mampu menjaga energi tubuh, meningkatkan fokus, dan menyeimbangkan metabolisme. Selain itu, manfaatnya pun juga berguna untuk kebutuhan sehari-hari.