Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Sebabkan 5 Masalah pada Gigi
Ilustrasi sakit gigi (Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagikan:

JAKARTA – Kadar gula darah yang tidak terkontrol menyebabkan berbagai masalah pada tubuh. Tidak hanya memengaruhi metabolisme, tetapi juga dapat sebabkan masalah pada gigi. Persoalan mulut yang ringan dan bisa dijadikan indikasi gula darah tinggi adalah mulut terasa kering.

Apabila seseorang mengalami diabetes, kondisi tubuh perlu diperhatikan. Sebab diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai fungsi tubuh termasuk pada mulut. Berikut masalah gigi dan mulut yang disebabkan kadar gula darah tinggi atau sering dialami penderita diabetes.

Radang gusi dan periodontitis

Sistem kekebalan tubuh penderita diabetes acap goyah dan tingkat penyembuhan pada luka yang lambat. Ketika kadar gula meningkat, penumpukan plak pada gigi menyebabkan gusi melonggar. Ini memicu radang gusi dan periodontitis pada kasus yang lebih parah.

Kontrol glikemik yang buruk juga memicu penyakit periodontal. Penyakit ini merupakan infeksi yang umumnya menimbulkan peradangan dan tingkat keparahannya dipengaruhi sejauh mana kadar gula darah dapat dikontrol.

Kerusakan gigi

Kombinasi masalah antara pengendapan plak, peningkatan gula darah, dan kekebalan tubuh buruk menyebabkan bakteri banyak berkembang di mulut dan dapat merusak gigi.

Mulut kering

Ada dua penyebab mulut kering, khususnya dialami oleh penderita diabetes. Yang pertama efek samping dari obat rutin dan gula darah yang melambung tak terkontrol.

Sariawan

Tidak hanya disebabkan kekurangan vitamin C, bercak luka berwarna putih berukuran kecil atau dikenal dengan sariawan sering dialami penderita diabetes. Ini disebabkan pertumbuhan candida albicans atau ragi alami yang tumbuh di sekitar mulut.

masalah gigi pada penderita diabetes
Ilustrasi gigi dan mulut (Unsplash/Jonathan Borba)

Ketika kandungan gula yang tinggi di rongga mulut dan kadar air liur rendah memicu pertumbuhan ragi alami tersebut. Diabetes sangat lama dalam proses penyembuhan luka, persoalan ini sudah sangat dikenali. Nah, untuk persoalan sariawan juga membutuhkan penyembuhan lama.

Bau mulut

Masih berkaitan dengan jumlah air liur. Jika air liur sebagai pembersih alami terbatas, mulut terasa lebih kering, dan penumpukan plak menyebabkan mulut berbau tidak enak.

Dari permasalahan gigi dan mulut yang sering dialami ketika gula darah tinggi diatas, penting adanya untuk selalu menjaga kebersihan gigi. Bagi penderita diabetes sifatnya penting untuk menjaga kebersihan mulut.

Direkomendasikan untuk rutin mengunjungi dokter gigi dan mulut. Disamping itu, dokter gigi juga perlu tahu mengenai kondisi diabetes yang dialami supaya dapat melaksanakan perawatan gigi sesuai prosedur.