Mengapa Perlu Olahraga Kardio? Ketahui 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi pemanasan sebelum olahraga (Unsplash/Bradley Dunn)

Bagikan:

JAKARTA – Olahraga, aktivitas berpengaruh besar pada kesehatan. Tak peduli apapun jenisnya, setiap olahraga yang mengeluarkan keringat dan melibatkan otot-otot tubuh akan menyehatkan. Termasuk olahraga kardio yang sebenarnya berfungsi mengatur keteraturan detak jantung.

Olahraga kardio juga dapat membikin stabil laju pernapasan. Dengan melakukan olahraga kardio secara rutin, seseorang dapat menyerap manfaat berikut bagi kesehatan.

Mengalirkan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh

Persebaran oksigen ke seluruh tubuh sebagian besar tanggung jawab jantung dan paru-paru. Jantung membawa oksigen dalam peredaran darah. Jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan antara lain jalan kaki, lompat tali atau skipping, jogging, bersepeda, jumping jacks, dan naik gunung.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Olahraga kardio yang dibuktikan secara signifikan dapat meningkatkan kekebalan tubuh adalah bersepeda. Penelitian ini membandingkan pesepeda amatir dengan orang yang tak pernah berolahraga.

Hasil temuannya, massa otot yang kuat dan sedikit lemak menumpuk di tubuh ternyata memiliki sistem imun yang baik.

Meningkatkan kapasitas paru-paru

Tidak hanya jantung, olahraga kardio berkaitan dengan organ-organ penting. Organ penting seperti paru-paru dapat mengurangi risiko sesak napas dan masalah kronis.

Direkomendasikan ketika melakukan olahraga kardio perlu melakukan pemanasan dan pendinginan. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kram dan masalah otot lainnya.

Meminimalisir masalah tulang

Olahraga kardio melibatkan seluruh otot dalam tubuh. Jenis olahraga ini juga dapat merapatkan kepadatan tulang disamping mengencangkan otot dan menurunkan berat badan secara perlahan.

Memperbaiki suasana hati

Stres dan overthinking adalah muasal dari berbagai penyakit dalam. Mulai dari diabetes, jantung hingga kolesterol. Untuk mereduksi risiko tersebut, Anda bisa rutin melakukan olahraga.

apa saja jenis olahraga kardio
Ilustrasi bersiap olahraga (Unsplash/juan pablo rodriguez)

Beberapa masalah terkait suasana hati adalah fokus ketika menerima informasi. Sebuah studi mengenai kreativitas, keringat dapat menjadi pelumasi dari berpikir kreatif. Saat menyelesaikan tugas besar, seseorang butuh menggerakkan tubuhnya salah satunya dengan gerakan olahraga.

Manfaatnya lebih mudah fokus, lebih kreatif dan mood jadi lebih baik. Disamping itu, olahraga juga bermanfaat membuat tidur lebih nyenyak.

Kerry Stewart, Ed.D., ahli fisiologi dan olahraga di Johns Hopkins mengatakan bahwa latihan earobik dan olahraga ketahanan –atau dikenal dengan olahraga kardio- penting dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Idealnya, untuk melakukan olahraga kardio membutuhkan waktu 20 menit. Jika dalam satu minggu rata-rata diperlukan 150 menit untuk kardio, khususnya untuk Anda yang memiliki aktivitas medium.

Sedangkan untuk meluruhkan lemak di perut, dibutuhkan olahraga kardio dengan tingkat sedang hingga tinggi ditambah fokus pada latihan ketahanan tubuh seperti push-up, squat, dan chin-up.