10 Tips Melindungi Kulit dari Gelombang Panas
Ilustrasi (Mikhail Nilov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Melindungi kulit dari gelombang panas sangat penting untuk menjaga kesehatannya dan mencegah kerusakan akibat teriknya sinar matahari dan suhu tinggi. Ketika merkuri meningkat, penting menerapkan praktik perawatan kulit yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, dehidrasi, dan masalah terkait panas lainnya.

Berikut beberapa tips ahli tentang cara melindungi kulit dari gelombang panas, dilansir dari Times of India, Selasa, 23 April.

Aplikasikan sunscreen secara regular

Tabir surya adalah garis pertahanan pertama Anda melawan sinar UV matahari yang berbahaya, yang dapat menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit. Pilih tabir surya berspektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan oleskan secara merata ke seluruh area kulit yang terbuka, termasuk wajah, leher, lengan, dan kaki. Oleskan kembali tabir surya setiap dua jam, terutama jika berkeringat atau setelah berenang.

Carilah tempat berteduh

Di waktu matahari sedang terik-teriknya antara jam 10 pagi dan 4 sore, cobalah cari tempat berteduh jika memungkinkan untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung.  Jika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan, bawalah topi bertepi lebar, payung, atau pakaian ringan untuk memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari.

Tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah masalah umum selama gelombang panas dan dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Minumlah banyak air sepanjang hari agar tetap terhidrasi dari dalam ke luar. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari, dan hindari konsumsi kafein dan alkohol berlebihan, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Jaga kulit tetap dingin

Untuk mengatasi panas dan menenangkan kulit dari rasa panas, mandi atau berendam air dingin sepanjang hari. Anda juga bisa menggunakan botol semprot berisi air untuk melembabkan kulit dan meredakan panas secara instan. Hindari mandi air panas, karena dapat membuat kulit semakin kering dan memperburuk masalah kulit terkait panas.

Melembabkan secara teratur

Kulit yang terhidrasi lebih mampu menahan efek panas dan paparan sinar matahari, jadi pastikan untuk melembapkan kulit secara rutin. Pilihlah pelembab ringan dan bebas minyak yang tidak akan menyumbat pori-pori atau terasa berat di kulit Anda. Carilah produk yang mengandung bahan seperti asam hialuronat atau gliserin, yang membantu menarik dan mempertahankan kelembapan.

Lindungi bibir Anda

Jangan lupa lindungi bibir Anda dari sinar matahari dengan mengoleskan lip balm dengan SPF secara rutin. Kulit halus di bibir Anda sangat rentan terhadap sengatan matahari dan dehidrasi, jadi pastikan mengoleskan kembali lip balm sepanjang hari, terutama jika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan.

Kenakan pakaian yang ringan

Pilih pakaian yang terbuat dari kain ringan dan menyerap keringat seperti katun atau linen yang memungkinkan kulit bernapas dan membantu mengatur suhu tubuh. Hindari pakaian ketat karena dapat memerangkap panas dan keringat di kulit sehingga menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan.

Gunakan produk perawatan kulit yang mendinginkan

Gabungkan produk perawatan kulit yang mendinginkan ke dalam rutinitas Anda untuk menenangkan dan menyegarkan kulit selama gelombang panas. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, mentimun, atau mentol, yang memiliki sifat mendinginkan dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

Hindari eksfoliasi berlebihan

Meskipun eksfoliasi kulit adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit apa pun, hindari eksfoliasi kulit yang berlebihan selama gelombang panas, karena dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Batasi eksfoliasi menjadi satu atau dua kali seminggu, dan pilihlah eksfolian lembut yang tidak akan mengiritasi atau membuat kulit Anda sensitif.

Lindungi mata Anda

Jangan lupa lindungi mata dari sinar UV matahari yang berbahaya dengan memakai kacamata hitam dengan pelindung UV. Paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko katarak dan kondisi mata lainnya, jadi pastikan membeli kacamata hitam berkualitas tinggi yang memblokir 100 persen sinar UVA dan UVB.