Cara Mengatasi Perut Kembung di Pesawat, Jangan Panik!
Cara mengatasi perut kembung (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kenyamanan saat naik pesawat bisa terganggu oleh masalah kesehatan seperti perut kembung. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan perut kembung ketika melakukan perjalanan udara. Kondisi ini tentu bikin serba tidak nyaman saat duduk di dalam pesawat. 

Ketika bepergian dengan pesawat, setiap orang pastinya ingin bisa menikmati perjalanan dengan enjoy. Namun gangguan seperti perut kembung seringkali muncul tak terelakkan di tengah penerbangan. Apalagi jika perut kembung menyiksa dari awal perjalanan hingga sampai tujuan. 

Perut kembung saat naik pesawat dianggap tidak terlalu membahayakan, namun kondisi ini bisa membuat ketahanan fisik menurun selama perjalanan dan setelah mendarat. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung di pesawat yang bisa Anda lakukan jika mengalami kondisi ini. 

Cara Mengatasi Perut Kembung di Pesawat

Kondisi perut kembung saat naik pesawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Gangguan perut kembung tak hanya dipicu oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Perubahan tekanan udara yang terjadi dalam penerbangan juga dapat mengakibatkan perut Anda kembung. 

Mengalami perut kembung ketika pesawat sudah lepas landas memang sangat menyiksa. Jika Anda mengalami kondisi ini, berikut beberapa cara mengatasi perut kembung di pesawat yang bisa Anda terapkan:

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Saat akan traveling menggunakan pesawat, jangan lupa membawa air minum yang cukup. Gunakan bekal minuman Anda untuk mengatasi rasa haus di dalam pesawat. Menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi kunci penting untuk menghindari sembelit. 

Ketika tubuh kekurangan cairan, potensi mengalami sembelit bisa lebih tinggi. Kondisi ini bisa memperburuk gas dan menyebabkan perut kembung. Supaya pencernaan tetap aman, pastikan mencukupi asupan cairan. Hindari juga minuman beralkohol karena dapat menyebabkan tubuh lebih mudah dehidrasi. 

Jangan Mengunyah Permen Karet

Bagi Anda yang gemar mengunyah permen karet, sebaiknya hentikan kebiasaan ini saat naik pesawat. Mengunyah permen karet ketika melakukan penerbangan justru dapat menyebabkan perut kembung. 

Sebagian orang mengunyah permen karet buat mengatasi rasa bosan dan menyingkirkan kecemasan. Aktivitas mengunyah permen karet juga bermanfaat meredakan ketidaknyamanan telinga karena tekanan udara. Namun dibalik itu, mengunyah permen karet menyebabkan banyak udara masuk ke mulut dan memicu perut kembung. 

Cobalah Aktif Bergerak

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung di dalam pesawat adalah dengan aktif bergerak. Cobalah melakukan aktivitas kecil seperti menggerakan kaki atau pinggang. Lakukan peregangan tubuh dengan tetap memperhatikan batasan duduk Anda agar tidak mengganggu penumpang lain. 

Selain itu, Anda juga bisa berjalan ke toilet setiap beberapa jam sekali. Menggerakkan tubuh bisa membantu meningkatkan kinerja usus dan memperlancar penyebaran gas. Selain itu, aktivitas ini juga bisa mengalihkan Anda dari ketidaknyamanan karena perut kembung. 

Minum Obat Pencahar

Gangguan perut kembung juga bisa dihindari dengan mengonsumsi obat pencahar. Disarankan untuk minum obat pencahar di waktu satu atau dua hari sebelum hari keberangkatan pesawat Anda. Efek obat ini dapat meminimalkan endapan kotoran di perut yang bisa menyebabkan timbunan gas. 

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Demi menjaga tubuh tetap fit dan tidak bermasalah selama penerbangan, Anda juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Baik itu yang Anda konsumsi sebelum berangkat maupun saat sudah berada di pesawat. 

Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung gas. Perhatikan pola makan mulai dari sehari sebelum melakukan perjalanan dan ketika sudah dalam penerbangan. Beberapa makanan bergas yang sebaiknya tidak dikonsumsi, di antaranya brokoli, susu, jamur, yoghurt, bawang merah, gandum, dan lainnya. 

Sejumlah makanan di atas bisa memicu terjadinya perut kembung. Selain itu, hindari juga minuman mengandung gas seperti bir, soda, dan minuman beralkohol lainnya. Bawa makanan yang sekiranya tidak mengganggu pencernaan. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi perut kembung di pesawat yang bisa Anda terapkan. Persiapan melakukan penerbangan bukan cuma prepare barang bawaan, namun juga menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat demi kenyamanan selama perjalanan. Baca juga tips menghilangkan rasa takut naik pesawat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kamu menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.