7 Protein Hewani untuk Bayi 8 Bulan, Asupan Cegah Stunting
Protein hewani untuk bayi 8 bulan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bayi yang memasuki usia 8 bulan akan mengalami pertumbuhan yang semakin pesat. Ibu perlu memberikan MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi si kecil. MPASI yang diberikan pun harus mengandung gizi yang lengkap supaya anak bisa berkembang optimal dan mencegah stunting. 

Protein hewani menjadi salah satu nutrisi penting yang harus ada dalam MPASI. Banyak yang mengira bahwa bayi berusia 8 bulan belum boleh mengonsumsi makanan dari daging, telur, dan ikan. Padahal sumber protein tersebut sudah bisa diberikan kepada buah hati berumur segitu. 

Asupan protein berperan penting dalam pembentukan otot, kulit, hormon, serta mendukung semua jaringan dalam tubuh. Kekurangan protein bisa membawa dampak buruk pada kesehatan si kecil. Lantas apa saja protein hewani untuk bayi 8 bulan yang bisa dipilih untuk MPasi?

Rekomendasi Protein Hewani untuk Bayi

Bayi membutuhkan asupan protein sebagai nutrisi pendukung pertumbuhannya. Bayi yang kekurangan protein berisiko mengalami gangguan pertumbuhan atau stunting. Pastinya sebagai orang tua, Anda ingin supaya si kecil bisa berkembang secara optimal baik kesehatan fisik maupun kognitifnya. 

Protein hewani bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan. Orang tua bisa mencari makanan sumber protein secara mudah di supermarket maupun toko bahan makanan. Berikut ini sejumlah sumber protein hewani yang bisa menjadi asupan bagi bayi berusia 8 tahun:

Daging Ayam

Salah satu pilihan bahan makanan mengandung protein yang cocok untuk bayi adalah daging ayam. Selain mudah diolah sebagai MPASI bayi, harga daging ayam juga murah. Di balik daging ayam yang lembut, tersimpan kandungan protein, zat besi, fosfor, magnesium, serta berbagai vitamin dan mineral lain untuk mendukung pertumbuhan si kecil.

Telur 

Pilihan makanan MPASI lainnya yang memiliki kandungan protein hewani adalah telur ayam. Makanan ini juga mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau. Telur mengandung nutrisi komplit yang dibutuhkan sebagai asupan si kecil. Kandungan kolin pada telur berperan penting dalam memaksimalkan fungsi otak dan memori bayi.

Ikan Salmon

Jika ingin menyajikan menu MPASI yang berbeda namun tetap mengandung protein hewani, Anda bisa memilih ikan salmon. Ikan laut ini menyimpan asam lemak omega-3 tinggi yang baik bagi pertumbuhan bayi. Kandungan tersebut bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan atau fungsi otak buah hati Anda.

Daging Sapi

Selain daging ayam, daging sapi juga cocok sebagai MPASI bayi berusia 8 tahun. Daging sapi mengandung zat besi yang berfungsi mencegah anemia. Kandungan ini sangat penting bagi pertumbuhan bayi untuk mencegah risiko stunting. Jika kekurangan zat besi, bayi bisa mengalami pertumbuhan yang lambat. 

Ikan Tongkol

Sumber protein hewani lainnya yang bagus untuk MPASI adalah ikan tongkol. Di dalam ikan tongkol terdapat 25-30 gram protein yang baik untuk dikonsumsi bayi. Protein hewani ini berperan dalam meningkatkan sistem imun sekaligus mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal. 

Keju

Keju juga bisa diolah sebagai MPASI untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Makanan ini juga termasuk sumber protein hewani dan pengolahannya pun mudah. Orang tua bisa memilih jenis keju seperti cheddar, mozarella, dan parmesan. Pilihlah keju yang sudah dipasteurisasi. 

Kerang

Sumber protein hewani juga bisa didapatkan dari kerang-kerangan. Anda bisa membeli kerang untuk MPASI bagi bayi. Kerang dikenal kaya akan omega 3, zinc, zat besi, kalsium, kolin, dan vitamin B12. Perlu diperhatikan untuk bayi berusia di bawah 12 bulan, berikan kerang-kerangan dalam porsi minimal. Hindari menyajikan kerang sebagai konsumsi sehari-hari si kecil.

Demikianlah beberapa sumber protein hewani untuk bayi 8 bulan. Sejumlah bahan makanan di atas dapat dipilih sebagai MPASI bagi bayi, namun tetap perlu diperhatikan batasan pemberiannya. Makanan seperti seafood dan susu sapi termasuk tinggi risiko alergi, sehingga perlu dipertimbangkan saat menjadikannya MPASI. Baca juga rekomendasi jus sayur untuk balita dan resep membuatnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.