7 Menu Bekal saat Mudik yang Sehat, Praktis, dan Mudah Disiapkan
Ilustrasi bekal perjalanan mudik (Foto: Pixabay-HirokazuTouwaku)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membawa berbagai macam menu bekal saat mudik merupakan hal wajib. Beberapa makanan seperti telur rebus, ubi kukus, dan buah-buahan bisa menjadi penyelamat dalam perjalanan.

Artikel berikut ini akan membahas menu bekal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran.

Menu Bekal saat Mudik

1. Telur rebus

Telur rebus adalah bekal perjalanan mudik yang paling mudah disiapkan. Makanan ini kaya akan protein, sehingga bisa mengatasi rasa lapar ketika Anda bepergian jauh.

Dengan penyajian yang simpel, Anda hanya perlu mengupas kulitnya, lalu menyimpannya di dalam wadah tertutup. Ketika disantap di dalam kendaraan, bekal ini tidak akan berserakan ke mana-mana.

2. Ubi kukus

Selain telur, ubi kukus juga bisa dimasukkan dalam daftar menu bekal untuk perjalanan mudik. Makanan ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi lantaran mengandung karbohirat dalam jumlah yang cukup banyak. Selain mengenyangkan, ubi juga tinggi kadar air dan serat, dikutip dari Healthline.

3. Roti gandum

Di dalam roti kandung terkandung karbohidrat kompleks, protein, dan sejumlah vitamin serta mineral. Roti jenis ini bisa memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan untuk perjalanan jauh.

Tak hanya itu, roti gandum juga relatif tahan lama dan tidak mudah hancur, sehingga cocok dijadikan sebagai bekal untuk perjalanan mudik yang mungkin memakan waktu lama.

4. Brondong jagung

Berondong jagung alias popcorn adalah makanan tinggi serat dan rendah kalori. Camilan ini bisa menjadi bekal sekaligus teman ngemil ketika Anda melakukan perjalanan mudik.

Menyadur laman Food World News, dua cangkir berondong jagung tanpa rasa mengandung 2,3 gram serat dan hanya 6 kalori. Tanpa menambahkan butter dan bumbu tinggi lemak, berondong jagung bisa jadi camilan yang cukup menyehatkan.

5. Buah-buahan

Buah-buahan adalah bekal yang paling sering dibawa ketika perjalanan jauh. Selain mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, serat dan antioksidan, buah-buahan juga menyegarkan.

Menu bekal saat mudik yang satu ini bisa membantu mengatasi dahaga, dan memberikan rasa kenyang. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa bekal buah-buahan saat mudik lebaran.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah camilan yang cocok dijadikan sebagai bekal saat bepergian. Makanan ini mengandung asupan lemak sehat, vitamin, dan mineral untuk tubuh.

Berbagai jenis kacang seperti kacang almon, kacang mete, atau granola bisa menjadi camilan yang enak dan praktis, sehingga mudah dibawa dan disantap saat perjalannan.

7. Kentang mustofa

Kentang mustofa adalah olahan kentang yang dipotong menjadi irisan tipis dan digoreng hingga renyah. Makanan ini sangat mudah dibuat dan bisa bertahan sampai seminggu.

Kentang mustofa memiliki rasa pedas, manis, dan gurih. Selain itu, teksturnya juga renyah, sehingga membuat Anda jadi lebih nafsu makan.

Bila tidak ingin dijadikan lauk, kentang mustofa dapat disantap sebagai camilan. Karena praktis dan lezat, makanan ini cocok dijadikan sebagai bekal alternatif saat mudik, khususnya bila Anda menempuh perjalanan yang jauh.

Demikian informasi tentang menu bekal saat mudik. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.