Kenali Tanda-Tanda Micro Cheating pada Pasanganmu, Jangan Dimaklumi
Tanda-tanda micro cheating (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagaimana perasaanmu jika pasanganmu tertarik dengan orang lain? Meski cuma sebatas interest dan tidak sampai selingkuh atau menduakan, namun hal ini bisa menyakiti perasaan. Dalam sebuah hubungan seringkali terjadi micro cheating yang dilakukan pasangan. 

Micro cheating adalah bentuk perselingkuhan kecil dalam sebuah hubungan. Aktivitas-aktivitas kecil yang dilakukan pasangan kerap membuat cemburu dan berpotensi merusak hubungan asmara. Salah satunya kebiasaan sepele ketika pasangan menglike postingan lawan jenis. 

Meski tindakan yang dilakukan terbilang sepele, namun jika dibiarkan bisa merusak hubungan percintaan maupun rumah tangga. Definisi perselingkungan memang berbeda-beda bagi tiap pasangan. Namun micro cheating perlu diwaspadai karena membuka peluang untuk berselingkuh. 

Ketika pasangan melakukan micro cheating maka mengindikasikan ketertarikan pada orang lain. Untuk menghindari hubungan yang tidak sehat, sebaiknya Anda mengenali tanda-tanda micro cheating yang mungkin dilakukan oleh pasangamu. 

Tanda-Tanda Micro Cheating

Meski ketertarikan kepada seseorang adalah sifat yang manusiawi atau bisa muncul begitu saja, namun sebagai pasangan harus mengontrol diri. Ketika seseorang menjalin hubungan percintaan maka dia harus berkomitmen untuk menjaga perasaan dan kepercayaan kepada pasangannya. 

Tindakan-tindakan kecil micro cheating bisa menurunkan kepercayaan pasangan hingga berujung pada perselisihan dalam hubungan. Micro cheating tidak hanya dilakukan dalam perbuatan secara langsung, namun juga bisa melalui media sosial. 

Supaya tidak terjebak dalam hubungan toxic dan menyiksa batin sendiri, berikut ini tanda-tanda micro cheating yang perlu Anda kenali:

Kerap Stalking Akun Media Sosial Seseorang

Media sosial memang memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain. Melalui media sosial, peluang selingkuh juga mungkin terjadi. Kerap memantau akun medsos orang lain, khususnya lawan jenis, juga termasuk perbuatan micro cheating. 

Jika pasangan sering stalking medsos wanita atau pria lain, maka Anda harus waspada. Tidak sedikit pasangan yang kerap menyukai atau mengomentari postingan lawan jenis. Meski tidak ada larangannya, namun tindakan ini bisa membuat pasangan cemburu dan dikhawatirkan mengganggu hubungan.  

Masih Berhubungan dengan Mantan 

Sebagian orang masih menjalin hubungan dengan mantan pacar setelah putus. Sebenarnya tidak masalah apabila komunikasi dilakukan karena hal penting dan tidak berlebihan. Namun jika pasangan kerap berkirim pesan iseng atau menanyakan kabar, maka patut dicurigai. 

Masih berhubungan dengan mantan pacar juga termasuk micro cheating. Kebiasaan ini perlu diwaspadai karena membuka peluang bagi mereka buat balikan. Bisa jadi dia masih belum move on atau masih berharap bisa kembali ke pelukan mantan.  

Sering Chat dengan Orang Lain

Nggak cuma ke mantan aja, tapi sering chat dengan orang lain juga termasuk perbuatan micro cheating. Apalagi jika pesannya berisi perhatian atau genit-genit. Kebiasaan sepele ini juga berbahaya bagi hubungan karena membuka peluang untuk berselingkuh.

Mengaku Jomblo

Kasus micro cheating lainnya yang juga kerap ditemui adalah pasangan yang mengaku jomblo. Ketika pasangan Anda mengaku masih lajang saat ditanya oleh orang lain, maka jangan dianggap sepele. Pasangan yang mengaku single berarti dirinya tidak menghargaimu dan membuka kesempatan bagi orang lain untuk mendekati. 

Curhat dengan Lawan Jenis

Tindakan micro cheating lainnya yang berpotensi merusak hubungan adalah curhat dengan orang lain. Ketika pasangan memilih curhat dengan orang lain, itu tandanya dirinya kurang nyaman denganmu. Dia lebih suka berbagi cerita pada orang lain yang dianggap lebih menarik baginya. 

Kebiasaan ini termasuk toxic relationship yang nggak boleh Anda maklumi. Dari keseringan curhat atau terus-terusan menghubungi orang lain, kemudian akan berkembang perasaan di antara keduanya. 

Menghabiskan Waktu Bersama Orang Lain

Pasangan Anda mungkin sering melakukan aktivitas dengan orang lain, entah karena urusan pekerjaan atau hal lain. Namun Anda harus berhati-hati jika pasangan kerap menghabiskan banyak waktu dengan lawan jenis. 

Meski Anda tahu bahwa orang lain tersebut adalah temannya, namun kebiasaan ini termasuk micro cheating. Ketika pasangan Anda sering ngobrol, makan bareng, atau pergi main dengan lawan jenis, maka bisa jadi ia tertarik dengan orang tersebut. 

Demikianlah beberapa tanda micro cheating yang perlu Anda kenali untuk menghindari hubungan yang toxic. Kebiasaan-kebiasaan di atas memang terkesan sepele, namun berpotensi merusak hubungan Anda dengan pasangan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.