Inilah Tanda-Tanda Inflamasi Tubuh yang Perlu Diwaspadai
Ilustrasi tanda-tanda inflamasi tubuh (Foto: Pixabay/Septimiu)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Inflamasi atau peradangan adalah bentuk pertahanan tubuh terhadap cedera dan infeksi bakteri ataupun virus. Tanda-tanda inflamasi tubuh yang paling mudah dikenali yakni munculnya rasa nyeri, panas, kemerahan, bengkak dan hilangnya fungsi. Akan tetapi, sebagian penderita inflamasi tidak menunjukkan gejala apapun.

Artikel ini akan membahas ap aitu inflamasi, tanda-tanda inflamasi tubuh beserta cara mengatasinya. Simak penjelasannya!

Pengertian Inflamasi

Menyadur AI-Care, inflamasi merupakan respon alami dari sistem imun ketika tubuh terpapar agen penyebab inflamasi seperti virus, bakteri, atau zat kimia tertentu.

Paparan tersebut mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Berikutnya, sistem imun akan mengirim respons pertamanya, yakni melepaskan berbagai macam hormon untuk meredakan peradangan.

Salah satunya adalah hormon bradikinin dan histamin yang membuat pembuluh darah melebar. Hal ini diperlukan untuk mengalirkan lebih banyak darah di area peradangan agar mempercepat proses penyembuhan. Mekanisme inilah yang menyebabkan area peradangan tampak kemerahan, bengkak dan terasa hangat.

Tanda-Tanda Inflamasi Tubuh

Menukil Verywell Health, berikut ini adalah tanda-tanda inflamasi tubuh yang perlu Anda ketahui.

  • Muncul perasaan nyeri: Inflamasi bisa memunculkan rasa nyeri di bagian sendi dan otot. Dalam kasus inflamasi kronis, rasa nyeri yang muncul akan terasa sangat menganggu. Nyeri ini merupakan hasil dari zat kimia yang menstimulasi ujung saraf, membuat wilayah yang terdampak terasa lebih sensitif.
  • Muncul rasa panas di area peradangan: tanda-tanda inflamasi tubuh yang berikutnya adalah muncul rasa panas atau hangat di bagian tubuh yang mengalami peradangan atau inflamasi. Kondisi ini disebabkan oleh aliran darah yang menjadi lebih deras ke wilayah tersebut. Bila inflamasi terjadi di seluruh tubuh, maka Anda mengalami demam yang diakibatkan oleh respon tubuh terhadap rasa sakit atau infeksi yang terjadi.
  • Muncul kemerahan: kulit atau area tubuh yang kemerahan termasuk tanda-tanda inflamasi. Kondisi ini disebabkan oleh pembuluh darah di sekitar lokasi inflamasi itu darah yang lebih banyak daripada sebelumnya. Pada inflamasi di kulit, pada inflamasi di kulit, Anda mungkin akan mengalami sensasi gatal, terbakar, atau tersengat di area yang mengalami peradangan.
  • Terjadi pembengkakan: bengkak adalah tanda-tanda inflamasi tubuh yang paling kentara. Pembengkakan terjadi bila ada cairan yang menumpuk di jaringan, baik itu di seluruh tubuh, atau di lokasi inflamasi yang spesifik. Kendati demikian, pembengkakan bisa terjadi tanpa adanya inflamasi terlebih dahulu. Kondisi ini umumnya terjadi pada saat Anda mengalami cedera.
  • Kehilangan fungsi tubuh: inflamasi bisa mengakibatkan hilangnya fungsi tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh adanya cedera dan rasa sakit di area yang mengalami peradangan. Misalnya, dalam kasus inflamasi sendi, Anda akan kesulitan untuk menggerakkan sendi sebab wilayah tersebut mengalami pembengkakan.

Cara Mengatasi Inflamasi Tubuh

Mengutip Healthline, untuk mengatasi inflamasi tubuh, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran hijau, alpukat, dan buah beri.
  • Perbanyak konsumsi asam lemak omega-3 seperti pada ikan salmon, tuna, dan mackerel.
  • Mengurangi konsumsi daging merah dan makanan kaleng karena mengandung zat pemicu inflamasi.
  • Tidur yang cukup selama 7-9 jam per hari.
  • Rutin berolahraga agar tubuh terasa lebih segar dan bugar.
  • Konsumsi suplemen dan obat antiinflamasi yang diresepkan oleh dokter.

Demikian informasi tentang tanda-tanda inflamasi tubuh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.