Makanan dan Minuman Sehat untuk Mudik Lebaran Agar Perjalanan Jauh Tetap Bugar
Ilustrasi bekal makanan mudik (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemudik disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sehat untuk mudik Lebaran untuk menunjang stamina agar tak mudah lelah dan mengantuk. Pasalnya, makanan dan minuman akan berkontribusi terhadap kesehatan selama di perjalanan.

Seperti diketahui, perjalanan jauh selama mudik berpotensi membuat tubuh dehidrasi. Selain itu memilik makan makanan yang kurang tepat akan membuat energi mudah terkuras akibatnya pemudik akan lebih mudah mengantuk. Kondisi tersebut tentu cukup berbahaya jika tak ditanggulangi.

Makanan dan Minuman Sehat untuk Mudik Lebaran

Makanan dan minuman sehat dibawa baik untuk camilan atau yang mengenyangkan. Berikut ini rekomendasi makanan dan minuman untuk bekal mudik lebaran.

  1. Buah Segar dan sayur yang Sudah Dipotong

Makanan pertama yang sangat disarankan untuk dibawa adalah potongan buah-buahan segar. Anda bisa menempatkan potongan buah di kotak bersih sesuai kebutuhan. Beberapa buah yang mudah dibawa dan dipotong seperti semangka, pisang, apel, jeruk, alpukat, dan sebagainya. Disarankan untuk tidak mencampurkan buah dengan tambahan yang terlalu banyak gula seperti susu kental manis.

Selain buah, Anda bisa membawa potongan sayur seperti wortel, selada, dan sebagainya. Namun pastikan agar tempat yang digunakan mampu menjaga kesegaran sayur dan buah yang dibawa.

  1. Telur Rebus

Telur rebus akan menjadi sumber protein yang baik untuk dibawa saat mudik sehingga fokus bisa tetap terjaga dan otak tetap waspada. Tidak hanya bermanfaat, telur rebus juga lebih mudah untuk diolah dan dibawa saat perjalanan jauh.

  1. Buah Kering

Camilan lain yang juga bisa menambah energi adalah buah kering. Biasanya buah kering bisa ditemui di supermarket sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu buah kering membantu menjaga stamina berkendara lebih lama.

  1. Kacang

Ada beberapa pilihan kacang yang  bisa dijadikan camilan selama perjalanan mudik jauh seperti almond, mete, hingga kedelai. Kacang-kacangan mengandung banyak protein, serat, serta lemak sehat sehingga cukup aman dijadikan camilan selama perjalanan jauh.

  1. Roti Gandum

Sumber karbohidrat yang baik untuk dibawa selama perjalanan jauh adalah roti gandum. Sumber makanan ini sangat diperlukan untuk menjaga stamina tetap baik. Selain itu roti gandum juga mampu menggantikan sumber karbohidrat lain misalnya nasi.

  1. Protein Bar

Membawa protein bar saat menempuh perjalanan mudik yang jauh dapat memberikan nutrisi tambahan untuk pemudik. Kandungan penting seperti serat dan protein akan mencegah pemudik dari rasa lapar atau kantuk.

  1. Air Putih

Jangan pernah bepergian tanpa air putih. Pasalnya selama perjalanan jauh pemudik akan kehilangan banyak cairan tubuh baik karena cuaca atau karena energi yang terkuras. Usahakan membawa air mineral sesuai kebutuhan.

Pemudik disarankan untuk menghindari makanan yang memicu perut tidak nyaman agar perjalanan lancar.

Itulah beberapa makanan dan minuman sehat untuk mudik lebaran. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.