Kenali 3 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Menurut Penelitian Ilmiah
Meditasi/ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

BALI – Ada banyak manfaat meditasi yang bisa Anda peroleh jika melakukannya secara rutin. Meditasi tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Namun juga kesehatan mental.

Meditasi merupakan teknik relaksasi yang dilakukan dengan cara melatih konsentrasi dan fokus pikiran untuk mendapatkan perasaan tenang dan damai

Metode relaksasi ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang relatif singkat. 

Manfaat meditasi untuk kesehatan

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat meditasi bagi kesehatan berdasarkan penjelasan ilmiah.

1.      Menghilangkan rasa sakit

Meditasi disebut dapat membantu mengurangi rasa sakit karena mendorong respons pikiran terhadap sesuatu yang mengganggu.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience pada tahun 2016, teknik khusus dalam meditasi seperti kesadaran secara signifikan bisa membantu mengurangi intensitas nyeri.

2.      Mengontrol tekanan darah

Bagi orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi, melakukan diet rendah garam dan minum obat sesai resep sangatlah penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meditasi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension pada tahun 2019, pasien hipertensi mampu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik setelah melakukan meditasi selama delapan minggu.

3.      Menurunkan risiko depresi

Aktivitas meditasi juga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati. Meditasi, khususnya praktik berbasis kesadaran, bisa membantu mengatasi kecemasan dan depresi.

4.      Membuat tubuh lebih rileks.

Manfaat meditasi untuk kesehatan mental adalah membantu mengatasi gejolak emosi dan kecemasan dengan tenang.

Pasalnya, oksigen yang masuk ke otak melalui peredaran darah, dapat lebih banyak saat seseorang melakukan meditasi.

Saat otak menerima oksigen dalam jumlah cukup, maka otak dapat bekerja dan berpikir dengan lebih baik. Kondisi ini membuat seseorang lebih mampu mengontrol diri dan tubuh menjadi lebih rileks.

Selain informasi soal manfaat meditasi, simak berita terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.