6 Resep <i>Infused Water</i> yang Bermanfaat Meningkatkan Metabolisme
Ilustrasi resep infused water yang meningkatkan metabolisme (Freepik/topntp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Infused water artinya air detoks yang terbuat dari campuran sejumlah buah dan sayuran segar atau rempah dengan air. Infused water dengan resep tertentu dalam daftar di bawah ini, bermanfaat meningkatkan metabolisme, mendukung kinerja organ hati, dan memberikan nutrisi secara alami pada tubuh.

Sebelum menyimak racikan resep infused water, penting mengapa air infus ini bermanfaat untuk kesehatan. Menurut ahli diet Erin Palinski-Wade, meskipun tubuh melakukan detoksifikasi dengan baik, minum air lebih banyak juga membantu cara kerja ginjal dan hati untuk membersihkan diri.

Cara mendetoksifikasi dengan minum air dan campuran buah atau sayur, ternyata manfaatnya banyak sekali untuk tubuh. Seperti mengurangi kelelahan fisik dan mental serta rasa pening serta mengisi cairan tubuh setelah olahraga. Di samping itu, minum resep infused water di bawah ini, juga bermanfaat membuang racun dari organ, meningkatkan suasana hati, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan salurah cerna.

1. Infused water berbahan mentimun, lemon, dan daun mint

Bahan yang perlu disiapkan, antara lain mentimun (1/2 buah), jeruk nipis atau lemon (1 buah), daun mint, dan air. Cara membuat infused water dari tiga bahan ini, potong-potong mentimun dan lemon. Cuci bersih daun mint, dan satukan ketiga bahan dalam teko lalu tambahkan air matang. Anda bisa mendiamkan campuran tersebut semalaman dalam lemari es.

resep infused water yang meningkatkan metabolisme
Ilustrasi resep infused water yang meningkatkan metabolisme (Freepik/Kamran_Aydinov)

Manfaat infused water ini untuk menyegarkan, memberi energi, dan membersihkan arteri serta membantu hati memproduksi lebih banyak enzim sehingga melepaskan racun lebih banyak.

2. Infused water dari semangka dan daun mint

Fungsi dari infused water berbahan semangka dan daun mint ini untuk membantu mendukung kerja ginjal, melansir Byrdie, Rabu, 20 Maret. Ini karena semangka mengandung mineral, khususnya potasium yang membantu ginjal membuang racun dari sistem tubuh. Bahan yang perlu disiapkan, antara lain semangka (1 cangkir) dan daun mint segar (1 genggam). Cara membuatnya, potong-potong semangka dan remas daun mint lalu campurkan dengan 4 gelas air matang biasa atau air alkali.

resep infused water yang meningkatkan metabolisme
Ilustrasi resep infused water yang meningkatkan metabolisme (Freepik)

3. Infused water dari jahe, lemon, dan daun mint

Siapkan jahe segar yang sudah dikupas sepanjang 3 ruas jari, daun mint segar (10-12 lembar), dan lemon atau jeruk nipis (2 iris). Anda bisa menambahkan mentimun dan sejumput garam Himalaya untuk memperkaya sensasi rasa. Kemudian campurkan seluruh baha dengan air matang sebanyak 500 ml.

Perlu diketahui, jahe membantu pencernaan. Terutama mengurangi gas, mengatasi ketidaknyamanan usus, mencegah sakit maag, dan mengusir bakteri jahat dari usus. Jahe juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan mengurangi gejala peradangan. Secara keseluruhan, infused water resep ketiga ini membantu mencegah flu dan terpapar bakteri serta virus.

4. Infused water berbahan nanas dan jahe

Nanas mengandung bromelain, enzim yang membantu pencernaan dan dapat mengurangi kembung. Sedangkan jahe membantu redakan sakit perut serta mengatur kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaat infused water dari nanas dan jahe, potong dadu kedua bahan tersebut. Lalu campurkan dengan 4 gelas air alkali atau air matang biasa.

5. Infused water dari buah berry

Berbahan stroberi, raspberry, dan blueberry, infused water ini bermanfaat menyerap antioksidan alami yang terkandung dalam buah-buahan segar ini. Cukup siapkan 2-6 buah dari tiga jenis buah berry tersebut. Bersihkan lalu belah menjadi dua dan campurkan dengan 4 gelas air. Sebelum diminum, diamkan terlebih dahulu selama 4-6 jam.

6. Infused water berbahan daun seledri

Seledri tak hanya menambah kesegaran hidangan sup di rumah. Tetapi juga membuat minuman Anda lebih segar dan banyak manfaat. Siapkan 4 batang seledri lalu potong kecil lalu campurkan dengan air sebanyak 2 gelas. Supaya nyaman dalam meminum resep infused water ini, Anda bisa menyaring dengan kain tipis atau alat saring lainnya.

Seledri merupakan salah satu bahan detoks yang mengandung luteolin dan epigenin. Kedua senyawa ini bersifat anti-inflamasi dan membantu melindungi saraf.

Keenam resep infused water yang secara keseluruhan meningkatkan metabolisme dan membantu kerja organ di atas, bisa Anda buat secara rutin. Resep juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.