Awas Hipertensi! Inilah Makanan Tinggi Natrium yang Perlu Dibatasi Asupannya
Ilustrasi makanan tinggi natrium (Foto: Pixabay/DesignDrawArtes)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Konsumsi makanan tinggi natrium perlu dibatasi agar Anda dapat terhindari dari penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Sedianya, natrium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja, mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, batas konsumsi natrium tidak boleh lebih dari 2000 mg per hari atau sekitar 1 sendok teh (5 ml). Jika lebih dari itu, natrium dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi konsumsi natrium, baik yang berasal dari garam meja (natrium klorida) maupun makanan.

Lantas, apa saja makanan tinggi natrium yang sebaiknya dibatasi asupannya? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makan Tinggi Natrium yang Perlu Dibatasi

Menyadur Healthline, berikut ini adalah makanan tinggi natrium yang perlu dibatasi agar terhindar dari risiko hipertensi.

1. Udang kemasan

Udang beku ataupun udang dalam kemasan umumnya mengandung garam tambahan untuk rasa dan juga pengawet yang kaya akan natrium.

Sebagai contoh, natrium tripolifosfat biasanya ditambahkan menjaga kelembapan selama pencairan.

Dalam gram udang beku, jumlah natrium yang terkandung di dalamnya adalah sebanyak 800 mg atau sekitar 35 persen dari jumlah kebutuhan natrium harian untuk orang dewasa.

Sedangkan 85 gram udang segar tanpa garam dan zat tambahan hanya mengandung 101 mg natrium atau setara 4 persen dari jumlah kebutuhan natrium untuk orang dewasa.

Bila Anda sedang membatasi asupan natrium, sebaiknya pilihlah udang segar yang baru ditangkap.

2. Keju

Keju merupakan sumber kalsium dan sumber protein yang baik untuk tubuh. Sayangnya, makanan ini mengandung garam (natrium) dalam jumlah yang tinggi.

Di dalam 113 gram keju cottage rata-rata mengandung 350 mg natrium atau sekitar 15 persen dari jumlah kebutuhan natrium harian.

Penambahan garam pada keju bertujuan untuk meningkatkan rasa dan berfungsi sebagai pengawet.

Oleh sebab itu, sangat sulit untuk menemukan keju yang rendah natrium. Meski begitu, sebuah penelitian menemukan bahwa membilas keju di bawah air mengalir selama 3 menit, kemudian mengeringkannya, bisa mengurangi kandungan natrium sebesar 63 persen.

3. Pizza

Pizza termasuk makanan tinggi natrium yang perlu dibatasi asupannya. Kadar natrium yang tinggi dari sepotong pizza berasal dari berbagai bahan tambahan, seperti keju, saus, adonan, dan daging olahan.

Sepotong pizza seberat 140 gram bisa mengandung 765 mg natrium atau 33 persen dari jumlah kebutuhan natrium harian.

Bila Anda menyantap lebih dari satu potong pizza, kadar natrium di dalam tubuh akan meningkat dengan cepat.

Supaya lebih sehat, batasi diri Anda dalam mengonsumsi pizza dan ketika menyantapnya, imbangi dengan makanan rendah natrium seperti salad hijau berdaun.

4. Sandwich

Bahan makanan penyusun sandwich seperti roti, daging, olahan keju, dan bumbu dapat berkontribusi terhadap peningkatan kadar natrium di dalam tubuh.

Sandwich berukuran 6 inci yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut bisa mengandung natrium sebanyak 1.127 mg.

Anda bisa mengurangi asupan natrium secara signifikan dari konsumsi sandwich dengan memilih topping yang belum diproses, seperti dada ayam panggan dengan alpukat dan tomat yang diiris.

Demikian informasi tentang makanan tinggi natrium yang sebaiknya dibatasi asupannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.