8 Pantangan setelah Facial Wajah, Hindari Biar Nggak Iritasi
Pantangan setelah facial wajah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Facial wajah menjadi salah satu metode untuk perawatan kulit wajah agar tetap kencang, lembut, dan berkilau. Orang-orang biasanya tidak sabar ingin segera melihat hasil setelah facial wajah. Namun ada beberapa pantangan setelah facial wajah yang perlu diingat. 

Hasil facial wajah tidak langsung terlihat atau jadi seketika. Supaya hasil facial bisa optimal dan kulit wajah tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu tahu aktivitas-aktivitas yang harus dihindari setelah menjalani perawatan facial wajah. 

Mungkin Anda ingin segera mencoba berbagai produk atau kebiasaan setelah facial. Namun jangan sembarangan, sebab beberapa perlakuan justru bisa merusak kulit wajah Anda. Lantas apa saja pantangan setelah facial wajah yang perlu diketahui?

Pantangan setelah Facial Wajah

Selalu ingat, jangan buru-buru memberikan perlakuan pada wajah setelah facial. Jika tidak dikondisikan dengan cara tepat, maka hasil facial wajah tidak akan maksimal dan mungkin menyebabkan kulit bermasalah. Supaya tidak keliru, berikut ini pantangan-pantangans setelah facial wajah yang harus dijaga:

Jangan Keseringan Cuci Muka

Kulit wajah mungkin akan terasa lebih sensitif dan kering setelah menjalani facial. Jangan mencuci muka terlalu sering atau berlebihan. Cukup membersihkan wajah dua kali sehari memakai produk pembersih yang lembut dan sesuai jenis kulit.

Hindari Memencet Jerawat atau Komedo

Pantangan lain setelah facial wajah adalah jangan memencet jerawat atau komedo. Pasca perawatan wajah memang biasanya muncul jerawat atau komedo. Namun tahan diri Anda untuk tidak memegang atau memencetnya. mengingat kulit sedang sensitif usai facial, tindakan ini dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Jaga Wajah dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selain sensitif terhadap air, kulit wajah yang baru mendapat facial biasanya juga lebih sensitif terhadap sinar matahari atau UV. Jaga wajah Anda dari paparan sinar matahari secara langsung, terutama beberapa hari pasca menjalani perawatan. Jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa memakai tabir surya dengan kandungan SPF. 

Jangan Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Ingin melihat perubahan wajah setelah facial sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun tahan diri Anda untuk tidak menyentuh wajah terlalu sering atau berlebihan. Jangan bentar-bentar menyentuh wajah, apalagi dalam kondisi tangan tidak bersih. Kebiasaan ini bisa memicu infeksi dan iritasi di kulit wajah Anda. 

Hindari Memakai Make-up Berat

Orang yang baru saja melakukan facial seringkali ingin cepat-cepat memakai make up. Namun sebaiknya jangan menggunakan make up berat setelah facial wajah. Biarkan kulit wajah Anda dalam kondisi alami atau natural, agar bisa bernafas dan pulih dengan sendirinya. Jika ingin mengaplikasikan make up, pilihlah produk yang ringan atau non-komedogenik. 

Jangan Menggunakan Toner Wajah

Hal lain yang perlu dihindari setelah facial wajah adalah menggunakan toner wajah. Saat menjalani perawatan, kulit wajah akan mengalami pembersihan yang mendalam. Jadi jangan memakai toner wajah dulu karena dapat menyebabkan kulit terasa kering dan iritasi. 

Jangan Olahraga Berat

Olahraga memang aktivitas yang baik untuk kesehatan fisik. Namun jika Anda baru saja melakukan facial wajah, sebaiknya hindari olahraga yang intensif atau berat. Saat olahraga, suhu tubuh akan naik dan mengeluarkan keringat. Kondisi tersebut bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah yang baru mendapat perawatan. 

Hindari Sauna atau Uap Wajah

Aktivitas lainnya yang tidak boleh dilakukan setelah facial adalah sauna atau uap wajah. Suhu panas dan uap yang terpapar ke kulit bisa membuat kulit jadi lebih sensitif. Selain itu, kulit yang baru mendapat perawatan juga bisa lebih rentan mengalami iritasi jika terkena sauna atau uap.

Demikianlah beberapa pantangan setelah facial wajah yang perlu Anda ingat. Selalu ingat, jangan buru-buru melakukan tindakan-tindakan tertentu pada wajah Anda pasca menjalani perawatan. Biarkan wajah Anda bernafas dan memulihkan sendiri selama beberapa saat. Baca juga cara memperbaiki skin barrier yang rusak

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.