Rekomendasi 6 Menu Takjil untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi takjil untuk penderita diabetes (Freepik/wavebreakmedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penderita diabetes perlu selektif dalam memilih menu takjil atau hidangan untuk buka puasa agar kadar glukosa dalam darah tetap terkontrol. Di bulan Ramadan, seorang penderita diabetes juga perlu menghindari makanan yang terlalu manis agar dapat menghindari kenaikan gula darah yang terlalu drastis. Lantas, apa menu takjil untuk penderita diabetes yang direkomendasikan?

Takjil untuk Penderita Diabetes

Berikut ini adalah ragam menu takjil yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes:

1. Es kelapa muda

Es kelapa muda merupakan salah satu sajian takjil buka puasa yang aman untuk penderita diabetes. Kendati demikian, konsumsinya tidak boleh berbelebihan. Cukup 1-2 gelas saja, serta tidak perlu menambahkan pemanis seperti gula atau sirop.

Selain bisa menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa, air kelapa muda juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Anda juga boleh menyantap daging kelapanya, namun sekali lagi, tidak boleh berlebihan.

2. Kurma

Kendati rasanya sangat manis, buah kurma ternyata aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Buah kurma mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah, sehingga tidak perlu khawatir kadar gula darah akan melonjak drastis setelah mengonsumsinya.

3. Buah potong

Buah potong juga bisa jadi menu takjil yang aman untuk para penderita diabetes. Beberapa buah yang boleh dikonsumsi yakni apel, pisang, pir, dan juga melon. Buah-buahan ini mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah.

Kendati buah-buahan tersebut aman dikonsumsi, Anda tetap tidak boleh menyantapnya secara berlebihan. Pasalnya, buah mengandung gula alami (fruktosa). Jika dikonsumsi berlebihan, maka kadar gula darah Anda bisa meningkat.

4. Kolak

Kolak yang terbuat dari pisang, ubi, atau labu kuning dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes saat berbuka puasa.

Bila Anda ingin menyantap kolak pisang, usahakan untuk menggunakan pisang yang masih agak mengkal, sebab kandungan gulanya cenderung rendah.

Anda bisa menambahkan kolang-kaling sebagai sumber serat. Selain melancarkan saluran pencernaan, nutrisi ini juga bermanfaat untuk mengatur gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Untuk santannya, Anda bisa menggantinya dengan susu rendah lemak, seperti susu oat, susu kedelai, atau susu almond.

Bila ingin kolak yang manis, namun tetap menyehatkan, Anda bisa menganti gula pasir atau gula merah dengan stevia.

5. Teh tawar hangat 

Penderita diabetes tidak dilarang minum teh hangat saat berbuka puasa. Malahan, minum teh hangat, khususnya teh hitam, bisa membantu mengurangi resistensi insulin. Meskipun begitu, minuman ini sebaiknya dikonsumsi tanpa gula agar kadar gula darah tetap aman.

6. puding buah

Puding buah yang dingin dan manis juga bisa dijadikan sebagai menu takjil bagi para penderita diabetes. Anda bisa membuat makanan ini dari buah-buahan seperti mangga, nanas, jeruk, apel, alpuikat, atau stroberi.

Buah-buahan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.  

Akan tetapi, Anda tidak diperbolehkan menambahkan gula, sebab buah-buahan tersebut sudah memiliki rasa yang manis.

Demikian informasi tentang takjil untuk penderita diabetes. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.