Alternatif Makanan Manis Selain Kurma yang Bisa Dijadikan Takjil
Alternatif Makanan Manis Selain Kurma (Gambar Evie Fjord - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kurma merupakan menu takjil untuk berbuka puasa yang paling popular di seluruh dunia. Bagaimana tidak, karena kurma merupakan buah yang disukai Nabi dan di sunahkan untuk memakannya. Namun, adakah sekiranya alternatif makanan manis selain kurma yang bisa dijadikan menu buka puasa?

Jawabannya tentu ada dong! Pasalnya, terdapat banyak sekali menu makanan manis yang bisa kalian jadikan takjil. Mulai dari makanan berkuah hingga makanan kering. Tentunya makanan ini juga dijamin segar dan bisa melegakan rasa haus dan juga lapar kalian setelah melewati seharian berpuasa.

Tapi ada yang perlu kalian garis bawahi! Ketika sedang berbuka, kita memang dianjurkan untuk makan manis-manis namun tetap dalam batas yang wajar. Jangan sampai kalian kebanyakan mengkonsumsi takjil yang manis secara berlebihan yang bisa mempengaruhi kesehatan kalian.

Untuk kalian yang mulai mengisi list menu apa saya untuk menjalani ibadah puasa, kalian perlu memasukan beberapa makanan ini deh untuk hidangan alternatif selain kurma. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Alternatif Makanan Manis Selain Kurma

1. Es Cincau Susu

Buat menu pertama tidak hanya buah kurma yang dapat kalian peruntukan takjil saat berbuka yaitu es cincau susu. Rasa cincau yang manis serta agak getir tercampur sempurna dengan gurihnya susu serta segarnya es batu, telah terbayang tentu sangat menggiurkan.

Es cincau susu dapat jadi opsi alternatif jika kalian bosan dengan minuman ataupun santapan manis yang mainstream semacam kolak ataupun sup buah. Teknik membuatnya pula sangat gampang, kalian cuma membutuhkan cincau yang telah siap pakai, susu, es batu, serta gula merah yang dicampurkan.

Kalian boleh menjadikan es cincau susu buat menu takjil namun jangan sampai mengkonsumsinya terlalu banyak sebab bakal membuat perutmu jadi kembung. Tidak hanya itu, kalian pula jadi bakal malas memakan masakan berat ataupun inti apabila begitu banyak komsumsi minuman dingin selaku pembuka.

2. Kolak Pisang

Santapan berikutnya yang dapat kalian peruntukan takjil selain buah kurma yaitu kolak pisang. Santapan manis ini sangat terkenal pada saat bulan ramadan sebab rasanya yang manis. Kolak pisang ini dapat disajikan secara hangat ataupun dingin, keduanya sama-sama lezat.

Teknik membuat kolak pisan juga lumayan gampang serta dapat kalian coba di rumah bila mempunyai hobi kreasi memasak. Kolak pisang sendiri berbahan dasar pisang disertai potongan buah labu, kolang-kaling, serta kuah yang berasal dari gula merah.

Kolak pisang pula dapat dijadikan selaku dessert ataupun santapan penutup sehabis kalian komsumsi santapan berat. Nyatanya kolak pisang jadi menu cuci mulut yang tidak bakal pernah mengecewakan sebab rasanya yang menggiurkan serta aromanya yang harum.

3. Singkong Rebus Fla Susu Keju

Santapan berikutnya yang dapat kalian peruntukan takjil selain buah kurma ialah santapan tradisional yang hingga saat ini masih digemari banyak orang, ialah singkong rebus. Tetapi, kali ini dengan tampilan yang lebih variatif yaitu, singkong rebus fla susu keju.

Fla susu keju disini selaku topping namun buat singkongnya dapat kalian rebus seperti biasa. Santapan ini sesuai buat kalian pecinta masakan kering anti ribet. Tidak hanya itu rasanya pula manis serta teksturnya lembut jadi gampang disantap.

Sebab rasa masakan ini sudah manis hingga, dianjurkan buat pendampingnya kalian cuma membutuhkan air putih. Pada saat kalian menyandingkannya dengan minuman manis lagi nyatanya itu kurang baik sebab terlalu banyak komsumsi yang manis-manis bisa tingkatkan kandungan gula darah.

4. Salad Buah

Berikutnya, santapan yang dapat kalian peruntukan takjil yakni salad buah, menu bergizi dengan banyak buah fresh. Salad buah pula sangat sesuai dijadikan takjil buat kalian yang juga lagi menempuh program diet saat berpuasa.

Memakan salad buah banyak memiliki khasiat yang baik buat badan, apalagi kalian tidak perlu menambahkan gula buat memperoleh rasa manis dari santapan ini. Nyatanya salad buah merupakan menu sehat yang dapat kalian pilih buat jadi takjil serta hidangan berbuka puasa.

5. Puding Buah

Selanjutnya terdapat puding buah yang dapat kalian peruntukan menu takjil andalan selain buah kurma. Pastinya puding santapan sehat yang kaya serat sesuai buat jadi takjil sebab rasanya juga manis. Supaya tidak membosankan, kalian dapat mengombinasikan buah kedalam puding ataupun menaruhnya diatas selaku hiasan.

Teknik membuat puding pula sangat gampang, kalian cuma membutuhkan satu sachet serbuk jelly, buah, serta pula susu kemudian tinggal kalian panaskan saja serta taruh dikulkas, dalam beberapa menit, puding siap dijadikan takjil.

Bicara soal kurma kalian selaku umat muslim juga perlu tahu “5 Jenis Kurma Terbaik di Dunia”.

Jadi setelah mengetahui alternatif makanan manis selain kurma, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!