Ciri-ciri Kosmetik Reject yang Wajib Kalian Tahu
Ciri-ciri Kosmetik Reject (Gambar Christin Hume - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring dengan begitu banyaknya minatan akan kosmetik dan skincare tentunya aka nada saja oknum yang akan memanfaatkan hal ini demi meraih cuan dengan cara tak bertanggung jawab yaitu menjual kosmetik reject. Lantas apa saja sih ciri-ciri kosmetik reject itu? Untuk lebih jelasnya, yuk, pelajari selengkapnya di sini!

Seringkali kosmetik reject yang beredar memiliki ciri yang mirip dengan aslinya, dan bahkan dibanderol dengan harga yang lebih mahal, waduh! Lantas apa kira-kira cirinya? Berikut pembahasannya;

Ciri-ciri Kosmetik Reject

1. Terasa Lengket

Apabila kosmetik mempunyai konsentrasi yang pekat dan cenderung terasa lengket dan sukar untuk meresap dengan cepat kekulit, kalian patut untuk curiga!

Makanya, sebelum membeli produk reject itu, alangkah baiknya untuk mencoba produk di area kecil kulit terlebih dahulu sebelum dikenakan keseluruh wajah, ya buat jaga-jaga daripada terjadi yang tidak-tidak!

2. Tidak Mencantumkan Izin Edar

Apabila kalian menemukan kosmetik yang tidak ada izin edarnya maka kalian wajib banget untuk curiga. Karena, tentunya apabila kosmetik yang tak memiliki izin dari BPOM sudah bisa dipatikan itu bakal berbahaya bagi kita.

3. Berbau Logam

Apabila kosmetik yang sudah kalian beli berbau logam, itu bisa menandakan kalau kosmetik kalian mengandung merkuri, Dan parahnya, ada oknum produsen yang nakal yang menyamarkan aromanya dengan menambahkan parfume, jadi waspadalah!

4. Mengandung Bahan Berbahaya Atau Dilarang

Menurut BPOM, kosmetik reject bisa dikatakan berbahaya apabila ada bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya. Contoh bahan berbahaya yaitu; hidrokinon, tretinoin atau asam retinoat, merkuri dan juga bahan bahaya lainnya yang dilarang untuk ditambahkan kedalam kosmetik.

5. Berubah Warna Menjadi Gelap

Melansir dari Women’s Health, kosmetik yang berbahan dasar merkuri biasanya akan berubah warna menjadi gelap atau abu-abu serta hijau gelap ketika terpapar oleh sinar matahari. Apabila hal itu terjadi, segera hentikan pemakaian agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

6. Mempunyai Tekstur yang Kasar

Kosmetik yang berbahan merkuri biasanya mempunyai tekstur yang kasar. Selain itu seperti yang sudah di bahas di atas, mempunyai tekstur yang lengket, tidak lembut serta biasanya sulit untuk menyatu dengan kulit wajah ketika dipakai. Pasalnya, kandungan zat kimia yang berbahaya seperti merkuri memang sulit untuk menyatu dengan minyak yang diproduksi alami oleh kulit wajah.

Untuk lebih meyakinkan lagi tentang beredar maraknya kosmetik reject, baca juga: “BPOM Temukan 181 Jenis Kosmetik Berbahan Terlarang”.

Jadi setelah mengetahui ciri-ciri kosmetik reject, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!