Mata Kering Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Kenali Korelasi dan Cara Pencegahannya
Ilustrasi mata kering sebabkan sakit kepala dan cara pencegahannya (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mata kering dan sakit kepala bisa saling memicu satu sama lain. Penelitian menunjukkan, korelasi antara mata kering dan sakit kepala mungkin berjalan dua arah. Mata kering mungkin sering dialami penderita sakit kepala atau merupakan pemicu sakit kepala. Sakit kepala, juga bisa menjadi faktor risiko mata kering.

Mata kering dirasakan ketika ada rasa sakit atau terasa perih di mata. Kadang mata kering juga seperti ada rasa mengganjal, atau sensasi ada yang tersangkut di mata. Gejala lain yang biasa dialami ketika mata dalam kondisi kering, antara lain sering berkedip, peka terhadap cahaya, penglihatan kabur, dan mata lelah.

Sejumlah penelitian dilansir Medical News Today, Jumat, 16 Februari, menemukan hubungan antara sakit migrain dan mata kering. Pada tahun 2017, penelitian dilakukan terhadap 14.329 orang dewasa. Menemukan bahwa 14,4 persen orang yang mengalami sakit kepala migrain melaporkan diagnosis mata kering dibandingkan dengan 8,2 persen yang tidak megnalami sakit kepala migrain. Sebanyak 22 persen peserta penelitian, melaporkan sakit kepala migrain dan gejala mata kering dibandingkan dengan 15,1 persen yang tidak memiliki riwayat sakit kepala migrain.

mata kering sebabkan sakit kepala dan cara pencegahannya
Ilustrasi mata kering sebabkan sakit kepala dan cara pencegahannya (Freepik/krakenimages.com)

Penelitian lain yang dilakukan pada 2019, melibatkan 72.969 peserta, menemukan orang yang mengalami sakit kepala migrain berkemungkinan 1,42 kali lebih besar terdiagnosis penyakit mata kering dibandingkan mereka yang tidak. Sayangnya, penelitian ini belum menemukan hubungan sebab-akibat antara sakit kepala migrain dan mata kering. Artinya, masih belum jelas apakah migrain menyebabkan mata kering, apakah mata kering menyebabkan migrain, atau ada faktor lain yang menjelaskan hubungannya.

Cara merawat sebenarnya penting mengobati satu persatu karena faktor penyebabnya tidak jelas. Rekomendasinya, orang yang mengalami mata kering dan sakit kepala secara bersamaan tidak ada bukti kalau mengobati salah satunya bisa menyembuhkan sakit lainnya. Jika memiliki keluhan ini, pencegahan bisa dilakukan berikut ini:

1. Minta resep obat tetes mata ke dokter

Banyak sekali jenis obat tetes mata yang dijual bebas di apotek. Namun bagi Anda yang terganggu dengan mata kering, bisa minta resep obat ke dokter. Biasanya dokter akan memberi resep obat tetes mata menggunakan imunomodulator.

2. Mengelola pemicu dan faktor lingkungan

Mata kering bisa disebabkan lingkungan yang kurang lembap. Untuk mencegahnya, gunakan pelembap udara saat tidur. Selain itu, sering-seringlah mengistirahatkan mata kalau Anda banyak aktivitas menatap layar.

3. Kompres hangat

Kompres mata dengan lap atau kapas hangat bisa membantu relaksasi. Ini juga membuat mata kering membaik. Jika perawatan dan pencegahan di rumah tak berhasil mengatasi mata kering dan disertai sakit kepala, maka penting untuk konsultasi ke dokter.

Di samping mencegah mata kering, Anda juga perlu mendapatkan rekomendasi dokter untuk pengobatan. Untuk pengobatan di rumah, bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, minum banyak air, peregangan untuk meredakan sakit kepala karena tegang, mengelola stres, dan menjalani pola hidup sehat.