10 Tips Feng Shui Tempat Usaha Agar Hoki dan Gampang Rezeki, Coba Pasang Lucky Cat
Ilustrasi Feng Shui (Antaranews)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pebisnis Tionghoa, Feng Shui jadi salah satu pertimbangan besar dalam menata tempat usaha. Pasalnya penataan tersebut diyakini berdampak pada hoki atau keberuntungan hingga kelancaran rezeki. Bagi Anda yang ingin meniru kebiasaan pengusaa Tionghoa, cobalah beberapa tips Feng Shui tempat usaha.

Tips Feng Shui Tempat Usaha

Secara sederhana Feng shui adalah ilmu China kuno yang di dalamnya mengatur aliran energi (Qi) dalam sebuah bangunan. Penataan aliran energi tersebut berkaitan dengan energi positif dan negatif yang ada di sebuah bangunan atau tempat.

Tidak hanya di rumah, Feng Shui juga diterapkan di area bisnis seperti ruko, restoran, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa tips Feng Shui khusus tempat usaha yang bisa ditiru.

  1. Pasang Bel Lonceng di Pintu Masuk Pelanggan

Bel lonceng tidak hanya jadi penanda bahwa ada pelanggan masuk, ternyata diyakini membanut menarik pelanggan. Biasanya bel yang dipasang bentuknya kecil berbahan logam dengan pita merah. Bel berpita merah melambangkan kemakmuran.

  1. Usahakan Ada Jendela

Usahakan agar ruangan bisnis memiliki jendela. Tidak hanya membantu sirkulasi udara dan pencahayaan, jendela juga diyakini mendatangkan energi positif baik dan dipercaya mendatangkan rezeki.

  1. Pasang Cermin Sesuai Feng Shui

Ada baiknya memasang cermin di dalam toko, namun perhatikan posisinya. Hindari meletakkan cermin menghadap pintu depan.

  1. Perhatikan Letak Etalase

Jika dalam toko Anda menyediakan etalase kaca, hindari menghadapkan sudut tajam ke pintu masuk. Selain membahayakan pengunjung, secara Feng Shui dipercaya kurang baik. Panjang etalase juga harus selaras dengan ukuran toko.

  1. Perhatikan Pintu Depan-Belakang

Pintu belakang memang cukup penting di dalam sebuah bangunan. Namun, hindari menempatkan pintu depan-belakang secara sejajar. Menurut Feng Shui, kesejajaran dua pintu tersebut berdampak pada kekayaan yang sulit terkumpul dan perilaku boros.

  1. Jangan Ada Halangan di Depan Pintu Masuk

Pastikan juga pintu masuk ke toko tidak terhalang oleh apapun, termasuk tiang listrik, pohon, bangunan, dan sebagainya. Penghalang tersebut akan memicu energi “sha” negatif. Selain itu usahakan agar toko tak terhimpit 2 gendung besar.

  1. Penambahan Tanaman Perlu Dipertimbangkan

Tanaman juga dipercaya memperbaiki aliran positif dalam ruangan. Selain itu ruangan juga lebih segar karena oksigen dan warna hijaunya. Hindari tanaman yang terlalu besar, cukup pilih tanaman yang sesuai dengan ukuran ruang usaha. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa tanaman pembawa keberuntungan menurut Feng Shui.

  1. Pasang Lampu Terang

Jangan memasang lampu dengan watt kecil. Toko harus tetap tersinari lampu dengan terang agar tak terkesan tutup, terutama di area lobi. Lampu redup akan menimbulkan kesan toko kurang laku sehingga berdampak pada jumlah pengunjung.

  1. Nama Toko Jangan di Lantai

Banyak orang menganjurkan agar menempatkan nama toko di atas. Hindari memasang nama toko di lantai seperti menjadikan nama toko sebagai karpet. Usahakan agar nama toko tetap di posisi dinding atas agar terlihat dan jadi bentuk penghormatan.

  1. Pasang Lucky Cat

Jangan lupa untuk memasang boneka lucky cat atau kucing keberuntungan yang melambai. Taruh lucky cat di dekat kasir atau di area tempat tim toko menerima uang. Seperti namanya, lucky cat membantu melancarkan keberuntungan dan menarik pelanggan.

Itulah informasi terkait tips Feng Shui tempat usaha. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.