Berapa Batas Makan Mie Instan dalam Seminggu? Begini Jawaban Ahli Gizi
Ilustrasi mie instan (Foto: Pixabay/drsmeke)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mie instan merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang memiliki banyak penggemar. Makanan ini kerap menjadi pilihan banyak orang di kala lapar, lantaran proses penyajiannya yang cepat dan memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, di balik kenikmatannya, ternyata mie instan tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Ada batas makan mie instan dalam seminggu yang harus dipatuhi agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Lantas, berapa batas aman makan mie instan dalam seminggu? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Batas Makan Mie Instan dalam Seminggu

Menurut Ahli Gizi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Tri Kurniawati, batas aman makan mie instan dalam seminggu adalah tidak lebih dari 2 bungkus dalam seminggu.

Dikatakan Tri, konsumsi mie instan secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

“Hal ini dikarenakan dalam satu porsi mie instan biasanya mengandung lemak dan natrium yang tinggi, namun rendah serat, vitamin dan mineral. Pola konsumsi mie instan berpengaruh positif terhadap obesitas abdominal dan hiperkolesterolemia,” terang Tri dikutip dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Surabaya.

“Konsumsi mie instan lebih dari 2 bungkus dalam seminggu berhubungan dengan peningkatan sindrom metabolic yang tinggi pada wanita,” sambung Tri.

 “Konsumsi mie instan lebih dari 2 bungkus dalam seminggu berhubungan dengan peningkatan sindrom metabolik yang tinggi pada wanita,”tegasnya lagi.

Tri menyampaikan, konsumsi mie instan dapat berkontribusi terhadap pola makan.

“Konsumsi mie instan yang tinggi cenderung diiringi juga dengan konsumsi makanan fast food lain yang tinggi. Konsumen yang mengonsumsi mie instan cenderung lebih sedikit mengonsumsi buah dan sayuran,” papar Tri.

Oleh sebab itu, konsumsi mie instan sebaiknya tidak lebih dari dua bungkus dalam seminggu dan tidak dijadikan kebiasaan rutin.

Bila ingin makan mie instans, sebaiknya diberikan tambahan sayur dan protein seperti telur, ayam, daging serta sumber protein yang lain.

“Waspadai pemakaian mie instan yang dijadikan sebagai lauk atau dimakan hanya dengan nasi. Hal tersebut tidak dianjutkan karena hanya mengandung karbohidrat saja,” tegas Tri.

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari

Dikutip dari AI-Care, konsumsi makanan yang tinggi natrium seperti mie instan, setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti:

  • Pembesaran otot jantung
  • Sakit kepala
  • Penyakit ginjal
  • Osteoporosis
  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Batu ginjal
  • Kanker usus.

Tak cukup sampai disitu, konsumsi mie instan secara berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan retensi air di tubuh. Peningkatan retensi air di tubuh menyebabkan tubuh membengkak, kembung dan bertambah berat badan.

Demikian informasi tentang batas makan mie instan dalam seminggu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait