3 Risiko Anak Minum Susu Malam Hari Menjelang Tidur, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi susu (Foto: Pixabay/Pezibear)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan orang tua kepada anaknya adalah memberikan susu kepada si kecil pada saat malam hari menjelang tidur. Kebiasaan ini sangat umum di kalangan masyarakat, mengingat minum susu di malam hari bisa membuat anak lebih cepat terlelap. Akan tetapi, tahukah Anda bila ada risiko anak minum susu malam hari menjelang tidur?

kebiasaan minum susu pada malam hari menjelang tidur bisa membuat anak mengalami berbagai masalah kesehatan. Mulai dari masalah kesehatan gigi dan mulut hingga gangguan di sistem pencernaan.

Lantas, apa saja risiko anak minum susu malam hari sebelum tidur? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Risiko Anak Minum Susu Malam Hari Sebelum Tidur

Dikutip dari Antara, Sabtu, 27 Januari 2024, beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada anak akibat mengonsumsi susu sesaat sebelum tidur, yakni:

1. Gangguan gigi berlubang

Risiko anak minum susu malam hari yang pertama berkaitan dengan gangguan kesehatan  gigi dan mulut.

Doktor lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK menyarankan orang tua untuk tidak memberikan susu pada anak pada saat malam hari menjelang tidur.

“Sebaiknya susu itu diminum dua sampai tiga kali sehari, tapi untuk malam hari jangan menjelang tidur,” ujar dokter Ray.

Dokter Ray mengatakan, kebiasaan minum susu pada malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan gigi berlubang. Terlebih, bila ditambah dengan kebiasaan menghisap dot.

Banyak anak merasa nyaman dengan posisi tidurnya sambil mengisap dot, sehingga tertidur dan sulit dibangunkan untuk menyikat giginya.

Tidur dalam kondisi gigi kotor jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan gigi berlubang.

2. Mengalami masalah pencernaan

Risiko anak minum susu malam hari yang lainnya berkaitan dengan fungsi pencernaan. Dokter Ray mengatakan, anak-anak perlu mengosongkan sistem saluran cerna dua jam sebelum tidur.

Jika susu diberikan pada malam hari menjelang tidur, fungsi pencernaan anak akan terganggu.

“kalau lambung masih penuh itu pasti gak akan bisa tidur ya, kembung terutama pada anak-anak, kalau lambung masih penuh itu ada potensi untuk regurgitasi, atau naik lagi makanannya (ke kerongkongan). Jadi sebaiknya lambung kosong dalam waktu dua jam sebelum tidur,” tutur Ray.

3. Obesitas

Selain karena dua hal tersebut, alasan lainnya yang membuat susu sebaiknya tidak diberikan menjelang tidur supaya tubuh anak masih bisa melakukan metabolisme sesuai fungsinya dan bisa membakar susu untuk menjadi energi tanpa menyimpannya sebagai kalori berlebih.

Bila jumlah kalori dalam tubuh berlebih, maka anak berpotensi mengalami kelebihan berat badan alias obesitas.

Waktu Terbaik untuk Anak Minum Susu di Malam Hari

Kendati minum susu menjelang tidur membuat anak berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, bukan berarti anak-anak tidak boleh minum susu pada malam hari.

Dokter Ray menyampaikan, ada waktu terbaik untuk anak minum susu di malam hari, kapankah itu?

Terkait hal ini, dokter Ray menyarankan agar anak minum susu dua atau tiga jam sebelum tidur. Hal ini agar penyerapan gizi terjadi dengan baik dan tidak berdampak buruk terhadap kesehatan.

Demikian informasi tentang risiko anak minum susu malam hari. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.