7 Kebiasaan Orang Bali yang Bikin Nyaman Wisatawan
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Raw_Image6)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pulau Bali merupakan destinasi wisata internasional yang memiliki banyak reputasi positif. Pulau ini tak hanya menawarkan berbagai pilihan wisata menarik, namun juga kebiasaan warga lokal yang turut membuat wisatawan nyaman dan betah tinggal di Pulau Dewata. Lantas, apa saja kebiasaan orang bali yang membuat turis tak ingin pergi cepat-cepat pergi dari Bali? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kebiasaan Orang Bali 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan kebiasaan orang bali yang bikin turis betah:

1. Ramah dengan wisatawan

Orang bali terkenal dengan sifatnya yang ramah, hangat dan gampang ‘guyub rukun’ dengan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Penduduk di pulau tersebut tidak akan sungkan memberikan senyum hangat kepada wisatawan, sehingga mereka merasa betah, nyaman dan merasa disambut dengan baik.

2. Slow living

Pulau Bali menawarkan sensasi hidup yang bebas dari hiruk pikuk dunia luar. Tak heran bila banyak warga ibu kota yang memilih Bali sebagai tempat refresing ketika jenuh dengan segala aktivitas yang mereka lakukan.

Di mata para pelancong, Pulau Bali terasa begitu menenangkan. Hal ini karena warganya menerapkan gaya hidup yang lebih santai, sederhana, namun tetap bermakna.

3. Orang Bali mahir berbahasa Inggris

Sebagai destinasi wisata internasional, Bali banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

Nah, supaya warga lokal dapat berkomunikasi dengan wisatawan asing, mereka pun mempelajari bahasa Inggris yang notabene merupakan bahasa internasional.

Dengann konsep learning by doing, masyarakat Bali dapat dengan cepat beradaptasi dengan bahasa para wisatawan.

4. Menjunjung tinggi adat dan budaya

Masyarakat Bali terkenal dengan kulturnya yang kuat serta menjunjung tinggi adat istiadat. Kendati wilayah ini terus menerus dikunjungi wisatawan dari berbagai negara dengan budaya dan sifatnya masing-masing, penduduk Pulau Dewata tidak begitu saja hanyut dan melupakan adat dan budayanya.

Warga Bali tetap menjujung tinggi adat dan budaya yang mereka miliki, seperti budaya pernikahan yang disebut pawiwahan, budaya kematian dengan upacara ngaben, atau budaya potong gigi yang disebut mapandes.

Adat dan budaya Bali inilah yang membuat Pulau Dewata terasa begitu unik dan membuat wisatawan asing betah. Sebab, budaya tersebut tak akan mereka temukan di daerah asal mereka.

5. Selalu menyediakan kamar kosong untuk tumpangan menginap

Bila Anda tidak kebagian hotel saat berpakansi ke Bali, cobalah beranikan diri unntuk meminta izin di salah satu rumah masyarakat Bali, khususnyaa di daerah wisata. Mereka akan dengan senang hati memberikan tumpangan menginap barang sehari atau dua hari.

Kabiasaan orang Bali yang satu ini sesuai dengan sifat asli mereka, yakni Belog Polos yang bermakna mempersilahkan orang asing masuk tanpa pertimbangan.

6. Selalu menjaga alam

Warga Pulau Dewata sangat meyakini konsep Karma Phala, yang bermakna apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai.

Warga Bali menganggap alam tidak sekedar warisan leluhur yang harus dijaga, namun juga sebuah keramat yang harus selalu dilestarikan.

7. Memiliki banyak ritual

Kehidupan masyarakat Bali sangat terikat pada norma-norma agama maupun sosial. Ini membuat penduduk Bali memiliki banyak sekali ritual unik yang membuat turis atau wisatawan terkagum-kagum. Salah satunya adalah ritual mesaiban atau ngejot. Ritual ini dilakukan pada pagi hari dengaan cara menyuguhkan makanan yang dimasak di sanggah (pura kecil) sebagai wujud terima kasih atas karunia yang Maha Kuasa.

Demikian informasi tentang kebiasaan orang Bali yang bikin nyaman wisatawan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.