Ciri-Ciri Bekas Jahitan Caesar Infeksi, Waspadai Sebelum Bertambah Fatal
Ciri-ciri bekas jahitan caesar infeksi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Operasi caesar menjadi metode melahirkan yang dijalani oleh sebagian wanita hamil. Meski metode persalinan ini dinilai lebih aman dan nyaman bagi ibu, namun perlu diwaspadai risiko seperti infeksi pada bekas luka. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui ciri-ciri jahitan caesar infeksi. 

Ibu yang baru saja melakukan operasi caesar, perlu mendapatkan perawatan yang tepat khususnya pada bekas luka jahitan. Bekas jahitan setelah caesar bisa saja mengalami infeksi. Jika kondisi ini dibiarkan maka bisa berakibat fatal atau membahayakan nyawa ibu 

Tanda infeksi pada luka caesar bagian dalam bisa muncul dalam waktu 24 jam setelah menjalani operasi caesar atau pada minggu pertama setelahnya. Sebagai langkah antisipasi, ibu perlu tahu ciri-ciri bekas jahitan caesar infeksi agar bisa memberikan penanganan yang tepat apabila mengalaminya. 

Ciri-Ciri Bekas Jahitan Caesar Infeksi

Infeksi pada bekas jahitan caesar bisa terjadi karena beberapa kondisi. Risiko infeksi luka caesar bisa meningkat jika area sekitar luka dalam kondisi lembab. Infeksi terjadi saat kumat atau bakteri masuk ke jaringan yang lebih dalam di bawah bekas luka jahitan caesar, yang mungkin menyebar melalui pembuluh darah. 

Bagi ibu yang akan atau baru selesai menjalani operasi caesar, berikut ini ciri-ciri infeksi bekas luka caesar bagian dalam yang perlu Anda pahami:

Demam 

Salah satu tanda yang bisa dideteksi dari terjadinya infeksi luka jahitan caesar adalah ketika ibu mengalami demam. Tanda infeksi tersebut bisa diawali dengan demam karena respon alami tubuh ketika terjadi infeksi. 

Ibu perlu mengukur suhu tubuh menggunakan termometer untuk memantau kondisi demam yang dialami. Jika suhu menunjukkan 38ºC atau lebih tinggi pada beberapa hari pasca operasi caesar, maka bisa menjadi pertanda infeksi pada luka caesar bagian dalam.

Perut Terasa Nyeri

Gejala perut terasa nyeri juga bisa menjadi ciri infeksi luka jahitan caesar. Setelah menjalani operasi caesar, merasakan nyeri pada perut bagian bawah sebenarnya merupakan keluhan yang wajar. 

Namun jika rasa nyeri tersebut makin memburuk, maka bisa jadi pertanda luka jahitan caesar mengalami infeksi. Nyeri perut bisa menjadi ciri atau gejala yang menunjukkan adanya kuman yang masuk ke bagian dalam luka jahitan caesar. 

Badan Menggigil

Ciri infeksi luka jahitan caesar lainnya yang perlu diperhatikan adalah badan menggigil. Selain demam, ibu juga bisa mengalami kedinginan hingga badan menggigil ketika terjadi infeksi di luka jahitan caesar bagian dalam. 

Kondisi badan yang menggigil ini muncul sebagai mekanisme alami tubuh saat mengalami demam tinggi. Jadi jika ibu merasakan demam disertai dengan badan menggigil maka bisa diwaspadai sebagai tanda infeksi pada luka jahitan caesar. 

Kelelahan

Kelelahan yang disertai nyeri pasca operasi caesar juga bisa menjadi tanda adanya infeksi pada luka jahitan caesar. Ketika terjadi infeksi pada luka caesar bagian dalam, ibu juga akan merasakan nyeri di tulang dan otot serta mudah lelah.

Ciri-Ciri Infeksi Luka Jahitan Caesar Bagian Luar

Selain tanda-tanda infeksi pada bekas luka jahitan bagian dalam, ibu juga perlu mengetahui ciri-ciri infeksi luka jahitan caesar bagian luar. Jika mengalami kondisi ini maka perlu mendapatkan perawatan atau penanganan segera mungkin untuk mencegah penyebaran kuman. 

Berikut ini ciri-ciri infeksi luka jahitan caesar bagian luar yang perlu diketahui oleh ibu pasca operasi caesar: 

  • Terjadi kemerahan dan pembengkakan di area luka jahitan caesar
  • Pendarahan hebat dan keluar nanah di area jahitan
  • Terasa nyeri ketika buang air kecil
  • Rasa sakit yang tidak kunjung membaik atau malah bertambah memburuk
  • Luka operasi caesar lama mengering dan berbau

Demikianlah ciri-ciri bekas jahitan caesar infeksi yang perlu dipahami oleh ibu pasca menjalani operasi caesar. Apabila ibu mengalami tanda-tanda di atas, maka lebih baik segera melakukan pemeriksaan atau perawatan ke dokter. Baca juga risiko komplikasi wanita pasca caesar yang perlu diwaspadai. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.