Efek Samping Perut Buncit: Awas, Kalau Diremehkan Bisa Jadi Pemicu Kanker
Efek Samping Perut Buncit (Gambar Towfiqu barbhuiya - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perut buncit tidak cuma mempengaruhi pada penampilan, tetapi juga beresiko terhadap keadaan kesehatan secara umum. Perut buncit beresiko sebab adanya penumpukan lemak. Apa saja bahaya perut buncit yang dapat ditimbulkan? Serta bagaimana efek samping perut buncit? Ikuti penjelasannya.

Perut buncit diakibatkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari 2 jenis, yakni lemak subkutan serta lemak viseral. Lemak subkutan merupakan lemak yang terletak di bawah kulit. Lemak ini bisa dicubit serta nampak.

Sebaliknya lemak viseral terletak di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak nampak. Lemak viseral inilah yang kerap dihubungkan dengan keadaan kegemukan di perut. Tidak hanya beresiko sebab bisa tingkatkan ancaman penyakit tertentu, semacam penyakit jantung, lemak viseral sangat susah buat dihilangkan.

Penyebab Perut Buncit

Seperti halnya obesitas pada badan, perut buncit muncul oleh sebab konsumsi makanan yang melebihi energi yang dibutuhkan buat aktivitas fisik. Apabila Kalian makan sangat banyak, khususnya makanan yang tinggi gula serta kolesterol dan kurang olahraga, Kalian bakal alami penimbunan lemak pada badan, termasuk lemak di perut. Terkadang perut buncit pula dapat diakibatkan oleh sindrom metabolik.

Riwayat kegemukan pada keluarga, kurang tidur, kebiasaan komsumsi alkohol, serta tekanan pikiran yang besar pula berpengaruh terhadap munculnya perut buncit. Usia tua serta ketidakseimbangan hormon pada perempuan menopause pula memudahkan munculnya perut buncit.

Efek Samping Perut Buncit

Ukurlah lingkar pinggang Kalian buat mengenali apakah Kalian mempunyai kegemukan. Kalian bisa memakai meteran yang dilingkarkan di perut Kalian. Posisi meteran yaitu sejajar ujung tulang panggul serta pusar. Seseorang pria dinyatakan mengidap kegemukan apabila lingkar pinggang melebihi 102 centimeter. Sebaliknya pada wanita, di atas 89 centimeter.

Buat memantau status gizi, Kalian pula dapat menghitung indeks massa badan. Semakin tinggi angka indeks massa badan, berarti semakin banyak jumlah lemak di dalam tubuh.

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Penimbunan Lemak Perut

Untuk Kalian yang mempunyai perut buncit karena kebanyakan lemak, hendaknya waspada, sebab keadaan ini meningkatkan resiko beberapa penyakit yang berbahaya.

Kumpulan lemak di dalam badan dapat menghasilkan senyawa peradangan serta hormon yang bisa mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa-senyawa peradangan disebut pula sitokin. Zat ini bisa menimbulkan peradangan dalam badan sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, serta tekanan darah tinggi. Para peneliti pula menemukan kalau senyawa sitokin bisa menimbulkan kanker tertentu. Disebutkan kalau lemak perut berkaitan erat dengan kanker usus besar, kanker kerongkongan, serta kanker pankreas.

Bahaya perut buncit pula terkait dengan peningkatan produksi kolesterol buruk serta penyusutan produksi kolesterol baik. Itulah kenapa perut buncit bisa tingkatkan resiko penyakit kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, lemak berlebih pula menimbulkan insulin jadi kurang efisien dalam mengendalikan gula darah sehingga tingkatkan resiko diabet. Tidak hanya itu, lemak berlebih pula bisa menimbulkan gangguan pernapasan, malahan meningkatkan resiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Walaupun mengecilkan perut buncit bukan masalah gampang, Kalian tetap perlu berupaya buat menanggulangi perut buncit. Berikut ini merupakan beberapa metode yang dapat dicoba.

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi serta Asupan Kalorinya

Buat kurangi lemak pada perut, Kalian butuh mengurangi konsumsi kalori dalam tubuh Konsumsi kalori paling tidak dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan. Mengurangi karbohidrat serta mulai komsumsi banyak sayur-mayur, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, serta protein tanpa lemak.

2. Memperbanyak Aktivitas Fisik

­Kurangnya aktivitas bisa membuat Kalian kesusahan mengecilkan perut buncit baik buat laki-laki ataupun perempuan. Jadi, mulai biasakan melaksanakan olahraga, dengan campuran latihan angkat beban serta Bila sudah tidak terbiasa melaksanakan olahraga berat, mulailah dengan teratur berjalan kaki ataupun yoga.

3. Jangan Konsumsi Minuman Beralkohol

Selain tidak baik buat kesehatan, minuman beralkohol pula bisa mengakibatkan perut Kalian jadi buncit.

4. Hindari Stres

Tekanan pikiran pula bisa merangsang perut buncit. Apabila Kalian mempunyai permasalahan, cobalah bermeditasi, jalani relaksasi, serta berbincanglah dengan orang terdekat Kalian.

5. Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa menimbulkan nafsu makan bertambah sehingga mempengaruhi pola makan. Banyak riset pula menemukan kalau kurang tidur berpengaruh pada kenaikan berat badan. Rekomendasi tidur sehari-hari buat orang dewasa yaitu 7-8 jam.

Kami juga menyarankan untuk membaca “7 Kebiasaan Kecil yang Membuat Perut Buncit tapi Jarang Disadari” agar hidup kalian lebih sehat.

Jadi setelah mengetahui efek samping perut buncit, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!