9 Cara Berinteraksi dengan Orang Introvert agar Efektif dan Tak Salah Paham
Ilustrasi introvert (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Komunikasi dengan orang introvert kadang jadi sesuatu yang sulit bagi sebagian orang, terlebih jika komunikasi dilakukan untuk kepentingan kerja tim. Pasalnya banyak pekerjaan yang cocok untuk introvert sehingga hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan harus diobrolkan. Tak perlu khawatir, Anda hanya harus tahu cara berinteraksi dengan orang introvert.

Secara sederhana, introvert adalah salah satu bentuk kepribadian yang lebih memilih menjauhi keramaian dan interaksi sosial. Penghindaran tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Ada alasan kenapa introvert menemukan kekuatan dalam keheningan.

Cara Berinteraksi dengan Orang Introvert

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert biasanya memilih menyendiri dibanding harus duduk bersama di satu ruangan dan ngobrol dalam waktu lama. Kondisi itu kadang menyulitkan, terutama jika menyangkut kerja tim. Tak perlu menyerah, ada beberapa cara efektif untuk komunikasi dengan orang introvert yakni sebagai berikut.

  1. Dekati Dulu Secara Personal

Komunikasi dengan orang dengan kepribadian introvert tak bisa dilakukan secara tiba-tiba. Harus ada pendekatan personal lebih dulu. Cobalah untuk mendekatinya pelan-pelan dengan topik ringan seperti film, lagu, atau hobi lain.

  1. Jangan Datangi Beramai-ramai

Usahakan untuk tidak mendatangi seorang introvert secara beramai-ramai karena kondisi itu membuatnya tidak nyaman dan mudah lelah. Anda bisa datang sendiri tanpa mengajak siapapun.

  1. Pilih Tempat Nyaman dan Tak Terlalu Ramai

Seperti dijelaskan sebelumnya, introvert mudah lelah saat harus berada di lingkungan yang ramai. Oleh karena itu usahakan memilih tempat pertemuan di area yang tak terlalu ramai sekaligus nyaman.

  1. Tak Perlu Memaksakan Diri

Saat mengobrol dengan orang introvert, Anda tak perlu memaksakan diri untuk tahu apa yang ia inginkan. Anda bisa menggunakan pancingan agar mereka mau bercerita tentang dirinya sendiri.

  1. Jangan Kepo

Orang introvert kadang membuat orang lain penasaran. Meski demikian sebaiknya jangan terlalu banyak bertanya hal-hal yang menyangkut pribadi kepadanya. Tema tersebut menurut mereka cukup sensitif terutama jika dibicarakan dengan orang asing.

  1. Hindari Menjelekkan Orang Lain

Jangan pernah membicarakan keburukan orang lain di hadapan orang introvert. Saat melakukannya, lawan bicara akan menganggap Anda bukan orang baik. Mereka tidak akan menaruh kepercayaan dengan Anda.

  1. Jangan Basa-basi

Orang introvert bukan benci perbincangan, mereka hanya tak nyaman berada di lingkungan ramai. Di sisi lain mereka juga tak suka dengan basa-basi. Langsung kemukakan apa yang ingin Anda obrolkan bersama mereka tanpa harus basa-basi lebih dulu.

  1. Utamakan Kesopanan

Hindari perkataan yang menyakitkan dengan mengutamakan kesopanan tutur kata. Aturan ini harus diterapkan tidak hanya saat menghadapi orang introvert namun kepada semua orang.

  1. Akhiri Obrolan saat Respon Sedikit

Obrolan berkualitas adalah percakapan dua arah. Saat orang introvert yang Anda ajak bicara hanya merespon sedikit atau menunjukkan ketidaktertarikannya, maka tak perlu memaksakan diri. Segera sudahi percakapan.

Itulah informasi terkait cara berinteraksi dengan orang introvert. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.