Cara Mengatasi Kulit Belang: Lakukan Beberapa Cara Ini
Cara Mengatasi Kulit Belang (Gambar Гоар Авдалян-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kulit belang dapat diakibatkan oleh banyak hal, seperti paparan cahaya matahari berlebih, hiperpigmentasi, hipopigmentasi, sisa cedera, sisa jerawat, umur, pengobatan, serta pengaruh hormon. Penanganan kulit belang juga butuh dilakukan dengan menyesuaikan penyebabnya. Penasaran dengan cara mengatasi kulit belang?

Sebagian permasalahan kulit belang bisa jadi membutuhkan pengecekan serta penanganan langsung oleh dokter. Sesudah penyebabnya diketahui, penanganan kulit belang bisa diberikan dengan menyesuaikan keadaan tiap-tiap pasien.

Cara Mengatasi Kulit Belang

Kulit belang yang tidak memunculkan keluhan serius bisa diatasi secara mandiri. Tetapi, apabila kulit belang terasa sangat mengusik, penanganan dari dokter bisa dilakukan.

Berikut ini merupakan beberapa metode menanggulangi kulit belang:

1. Pakai Krim Pemutih

Memakai retinol bisa menyingkirkan kulit belang pada wajah akibat hiperpigmentasi. Retinol bekerja dengan metode masuk ke dalam susunan kulit buat mencegah radikal bebas. Dengan demikian, pembuatan kolagen bakal meningkat serta kulit nampak lebih glowing dan kulit belang tersamarkan.

Pemakaian krim pemutih yang memiliki hydroquinone pula dapat jadi salah satu metode menanggulangi kulit belang yang diakibatkan oleh hiperpigmentasi. Krim ini bekerja dengan metode mengurangi pembuatan zat pewarna melanin pada kulit.

Tetapi, pemakaian produk ini wajib dilakukan sesuai dengan anjuran dokter. Bila dipakai melampaui batas, krim ini malah bisa membuat warna kulit jadi tidak merata.

2. Lakukan Eksfoliasi

Luluran bisa menolong meredakan kulit belang yang diakibatkan oleh paparan cahaya matahari berlebih dengan metode mengangkat sel kulit mati serta merangsang perkembangan sel kulit yang baru. Tetapi, bila Kalian mempunyai kulit yang berjerawat ataupun kulit sensitif, luluran malah bisa membuat iritasi serta memperburuk kondisinya.

Tidak hanya dengan luluran, kulit belang pula bisa diatasi dengan eksfoliasi kimia. Prosedur ini memakai senyawa kimia buat mengangkut sel- sel kulit mati pada susunan terluar kulit. Sehabis sel kulit mati terangkat, sel kulit baru yang lebih halus terbentuk buat menggantikan sel kulit yang lama.

Tetapi, Kalian perlu bertanya ke dokter buat melaksanakan metode mengatasi kulit belang memakai teknik ini. Alasannya, prosedur ini bisa merangsang hiperpigmentasi. Eksfoliasi kimia pula tidak direkomendasikan bila Kalian mempunyai riwayat penyakit kulit ataupun sedang menjalani penyembuhan yang membuat kulit Kalian jadi lebih sensitif.

3. Gunakan Pakaian yang Panjang

Baju yang dikenakan tiap hari tidak hanya merupakan wujud ekspresi diri juga bisa berperan selaku pelindung badan. Baju dapat jadi salah satu penangkal cahaya matahari yang sangat efisien. Tidak cuma itu, baju yang pas pula bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari.

Bila kulit belang diakibatkan oleh paparan cahaya matahari berlebih, Kalian bisa menutupi kulit dengan memakai celana panjang serta pakaian berlengan panjang hingga belang betul-betul lenyap. Pilihlah baju panjang yang longgar serta dibuat dari bahan yang melindungi kulit dari paparan cahaya matahari.

Selaku metode menanggulangi kulit belang, Kalian pula dianjurkan buat menjauhi paparan cahaya matahari langsung terlalu lama.

4. Jalani Terapi Laser

Terapi laser pula bisa digunakan buat menyembunyikan kulit belang akibat hiperpigmentasi. Prosedur ini bekerja dengan metode mengangkat susunan kulit paling atas (epidermis), sehingga memicu perkembangan kolagen pada susunan kulit di bawahnya (dermis).

Tetapi, pemakaian terapi laser selaku metode menangani kulit belang ini bisa saja menimulkan cedera pada kulit. Oleh sebab itu, penerapan prosedur ini hendaknya mengikuti anjuran dokter.

5. Gunakan Masker Berbahan Alami

Kulit yang alami hiperpigmentasi bisa diatasi memakai masker berbahan natural. Kalian bisa membuat masker wajah sendiri di rumah dengan memakai kombinasi bubuk kunyit serta madu alami.

Metode membuat masker ini lumayan gampang. Kalian cuma perlu mengombinasikan kedua bahan tersebut sampai konsistensinya seperti pasta setelah itu oleskan secara menyeluruh pada kulit yang belang serta diamkan selama 10 menit. Sehabis itu, bilas kulit dengan air hangat sampai bersih.

Kalian bisa mencegah kulit belang dengan senantiasa mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimun 30 saat sebelum beraktifitas di luar ruangan pada siang hari.

Jika kalian ingin memiliki kulit yang sehat dan wajah yang berseri, maka kalian wajib tahu “Berapa pH Alami Kulit Wajah yang Normal bagi Pria dan Wanita” agar bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Jadi setelah mengetahui cara mengatasi kulit belang, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!