Tips Cara Memasak Nasi untuk Penderita Diabetes dari Dokter
Cara Memasak Nasi Untuk Penderita Diabetes (Gambar jcomp-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nasi putih diketahui mempunyai kandungan gula yang agak besar, sehingga untuk penderita diabetes bila dikonsumsi melampaui batas bisa membuat kandungan gula melonjak tinggi.

Tetapi tenang saja, untuk pengidap diabet yang masih mau mengkonsumsi nasi putih, dokter Ema Surya Pertiwi mempunyai metode memasak nasi yang baik untuk penderita diabetes.

Dengan metode memasak nasi putih yang dibagikan dr. Ema ini penderita diabet tidak perlu khawatir bila kandungan gula darah bakal melonjak naik.

Cara Memasak Nasi Untuk Penderita Diabetes

Mengutip dari kanal YouTube Emasuperr berikut ini uraian dr. Ema mengenai metode memasak nasi putih yang aman untuk penderita diabetes.

Healthy vlogger tersebut berkata bahwa agar nasi aman disantap oleh penderita diabet maka upayakan keadaan nasi tersebut dalam kondisi yang dingin, tidak hangat maupun panas. Kemudian langkah mendinginkan nasi tersebut menurut dr. Ema dianjurkan memasukkannya kedalam kulkas ataupun lemari es.

Langkah awal masak nasi seperti biasa, kemudian sehabis itu simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 8-24 jam.

“Untuk mendinginkan nasi dibutuhkan waktu paling tidak 8-24 jam dengan metode dimasukan dalam kulkas dengan temperatur minimal 40 celcius,” ungkap dr. Ema.

Kemudian healthy vlogger tersebut pula mengatakan kalau metode memasak nasi buat penderita diabet wajib benar supaya tidak membuat gula darah melonjak tinggi.

“Agar aman dikonsumsi penderita diabet, hendaknya mengkonsumsi nasi dalam kondisi dingin minimal 8-24 jam sebelum dikonsumsi supaya meningkatkan serat pati yang ada pada nasi,” kata dr. Ema.

Nasi dengan kondisi dingin bagi dr. Ema mempunyai serat pati yang tidak bisa di cerna sehingga baik buat perkembang biakan bakteri baik.

Oleh karena itu, dengan proses pendinginan nasi bisa tingkatkan saripati bonus pada karbohidrat serta merendahkan kandungan gula. Akan tetapi saat memasak nasi dingin ini bagi dr. Ema terdapat perihal yang wajib dicermati, yaitu nasi wajib dimasukan dalam kulkas.

“Supaya nasi yang telah dimasak tidak tercampur bakteri bila ditaruh di dalam kulkas,” jelas dr. Ema.

Ada pula bila nasi ditaruh dalam temperatur ruang ataupun dibiarkan begitu saja maka resiko tercampur bakteri lebih besar.

Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

1. Gandum

Gandum merupakan makanan pengganti nasi yang sehat buat penderita diabet. Salah satu makanan yang termasuk ke dalam tipe gandum merupakan oatmeal.

Oatmeal bisa jadi salah satu alternatif penyedia energi buat diabetes. Makanan ini pula baik buat diabetes sebab isi serat yang ada di dalamnya.

2. Jagung

Jagung ialah salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Bila dibanding dengan nasi putih, jagung lebih aman buat diabetesi lantaran mempunyai kalori yang lebih sedikit.

Dalam 100 gr jagung mempunyai 140 kalori, sebaliknya 100 gr nasi putih mempunyai kalori sebanyak 175 kalori.

3. Ubi Jalar

Tipe ubi ini termasuk karbohidrat yang tidak bakal membuat gula darah Kalian melonjak secara tiba-tiba.

Ubi jalar baik buat dikonsumsi penderita selaku makanan pengganti nasi sebab memiliki beta karoten yang baik buat menghindari berbagai ragam penyakit.

4. Biji-bijian Serta Kacang-kacangan

Biji-bijian serta kacang-kacangan pula dapat jadi salah satu alternatif pengganti nasi buat diabetes.

Akan tetapi, bila Kalian makan biji-bijian kalengan, jangan lupa mencucinya terlebih dahulu. Perihal ini dapat menolong menghilangkan isi garam sebesar 40 persen.

Dapatkan juga tips “Cara Sehat Konsumsi Nasi Putih” di sini.

Jadi setelah mengetahui cara memasak nasi untuk penderita diabetes, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait