Kaleidoskop 2023: 6 Debut Grup K-pop yang Curi Perhatian Tahun Ini!
RIIZE (SM Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Industri musik Korea Selatan semakin hidup dengan hadirnya berbagai grup K-pop baru. Mereka terus berinovasi dan bersaing untuk meraih atensi publik baik dari branding hingga karya musik.

Tahun ini, sejumlah grup K-pop juga mencoba berbagai konsep, mendobrak batasan garis dalam berkarya dan memastikan bahwa umur bukan penghalang bahwa mereka akan menjadi generasi pengembang genre tersebut.

Debut yang fenomenal, hingga rangkaian promosi yang unik menjadi beberapa alasan mengapa sebuah grup K-pop dilirik. VOI merangkum enam grup K-pop yang debut pada tahun ini dan wajib dinantikan karyanya oleh publik.

Kiss of Life

Tidak sulit untuk terkesan dengan Kiss of Life. Keempat membernya sudah ‘tahan banting’ dengan industri musik jauh sebelum mereka resmi debut dalam grup ini. Sebut saja Belle yang merupakan seorang penulis andal, Natty yang nyaris debut dengan TWICE, atau Julie yang adalah mantan trainee The Black Label selama tiga tahun.

Dengan kemampuan setiap member, Kiss of Life memulai perkenalan mereka dengan debut single bertajuk Shhh bersamaan dengan empat lagu solo para member. Kesan yang kuat ini juga terasa dalam seluruh album mini terbaru mereka, Born to be XX.

TripleS

Konsep grup TripleS mungkin akan mengingatkan Anda dengan NCT di mana ekspansi member yang tidak terbatas beserta konsep sub-unit dan perilisan. Grup bentukan MODHAUS ini memadukan teknologi dengan konsep K-pop saat ini di mana pemilihan member akan ditentukan lewat NFT bernama Objekts.

Seperti Kiss of Life, sebagai member TripleS merupakan aktris, mantan trainee sejumlah agensi besar, model hingga mantan idol. Kini, mereka akan menggabungkan kekuatan mereka melalui TripleS yang akan terus berkembang. Single Rising yang menjadi debut mereka menunjukkan elemen tersebut.

ZEROBASEONE

Selalu ada risiko bagi grup pemenang kompetisi, tidak terkecuali bagi ZEROBASEONE yang merupakan bentukan dari Boys Planet pada paruh pertama 2023. Apakah mereka akan memperoleh kesuksesan seperti grup Mnet terdahulu?

Mungkin jawaban itu mulai terlihat ketika album mini mereka, Youth in the Shade dipesan hingga 780 ribu keping dalam lima hari. Mereka juga memperoleh kemenangan pertama di acara musik dalam 8 hari sejak debut. Selain itu, ZEROBASEONE juga menjadi ambasador untuk beberapa brand kurang dari setahun. Nampaknya perjuangan mereka belum berakhir di tahun ini.

Xikers

Sukses melambungkan ATEEZ, KQ Entertainment menghadirkan xikers, sebuah grup K-pop pria yang debut pada Maret lalu. Vokal mereka mungkin akan mengingatkan Anda dengan grup seniornya, tapi mereka juga tidak kalah mengagumkan dalam menampilkan karya mereka.

Album debut mereka juga terjual lebih dari 100 ribu keping serta meraih sejumlah nominasi Rookie di berbagai penghargaan.

RIIZE

Tujuh tahun sejak NCT, SM Entertainment mendebutkan RIIZE sebagai grup pria terbaru mereka. Dua member mereka, Shotaro dan Sungchan merupakan mantan member NCT yang mendapat porsi lebih luas dalam menampilkan karya mereka bersama lima member lainnya.

Debut mereka, Get a Guitar sukses selama perilisannya pada September lalu di mana lagu ini menjadi populer di negara aslinya. Lagu dengan sampling karya Queen ini juga mengantarkan RIIZE memperoleh sejumlah penghargaan Rookie. Seperti namanya, RIIZE akan terus bertumbuh dengan musik mereka.

BABYMONSTER

BABYMONSTER menandai grup baru YG Entertainment sejak BLACKPINK. Tidak menampik bahwa debut mereka sangat dinantikan meski harus diiringi dengan sejumlah permasalahan termasuk Ahyeon yang batal debut dan penundaan perilisan.

Tapi, hal itu tidak menutupi antusias publik terhadap lagu mereka, BATTER UP. Disebut sebagai lagu yang sangat YG, BATTER UP memperoleh respons yang baik meski minim promosi. Semoga BABYMONSTER bisa merilis karya baru untuk segera bertemu dengan penggemar mereka.