9 Ide Resolusi Tahun Baru 2024, Bikin Hidup Lebih Tertata
Ilustrasi menyusun resolusi tahun baru 2024 (Foto: Pixabay/USA-Reiseblogger)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak sedikit di antara kita yang menyusun resolusi baru pada awal tahun. Selain membuat hidup lebih tertata, tujuan penyusunan resolusi adalah untuk membantu seseorang dalam menentukan keinginan dan prioritasnya, sehingga bisa dijadikan sebagai motivasi saat ingin merealisasikannya. Berikut ide resolusi Tahun Baru 2024 yang bisa dijadikan sebagai patokan.

Ide Resolusi Tahun Baru 2024

1. Mulai rajin menabung dan berinvestasi

Di awal tahun 2024, tidak ada salahnya untuk mulai menabung dan berinvestasi. Dengan menabung, Anda akan memiliki dana darurat yang bisa dimanfaatkan ketika mengalami situasi yang mendesak.

Sementara investasi akan membuat pendapatan Anda bertambah. Selain itu, investasi juga bisa membantu Anda dalam mengatasi inflasi.

2. Berpakansi dengan anggaran minimalis

Pergi berlibur atau berpakansi tidak selalu membutuhkan anggaran yang besar. Anda bisa mengorbankan sedikit kemewahan ataupun kenyamanan supaya bisa mendapatkan pengalaman menarik selama liburan.

3. Meluangkan waktu untuk melakukan screening kesehatan

Tujuan dari screening kesehatan adalah untuk mendeteksi risiko penyakit tertentu lebih awal dan bisa melakukan pencegahan dengan penanganan yang tepat. Bukankah mencegah, lebih baik daripada mengobati?

4. Mengunjungi tempat baru

Bila Anda gemar traveling, Anda perlu membuat rencana untuk mengunjungi tempat-tempat baru. Di tahun 2024, usahakan untuk tidak berpergian ke tempat-tempat yang sudah pernah Anda kunjungi. Hal ini supaya Anda mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah dimiliki sebelumnya.

5. Lebih bijak dalam menggunakan media sosial

Media sosial adalah tempat untuk mengeluarkan pendapat secara bebas. Kendati demikian, Anda harus tetap bijak ketika mengutarakan pemikiran Anda.

Selain itu, Anda juga perlu lebih berempati dengan orang asing dan menanggapi orang lain di media sosial dengan baik. Lebih bijak bermedia sosial menjadi salah satu resolusi sederhana yang dapat dilakukan pada tahun 2024.

6. Membaca lebih banyak buku

Bila di tahun 2023 buku yang Anda baca sangat sedikit, pada tahun ini Anda bisa meningkatkannya.

Aktivitas membaca buku memberikan manfaat baik untuk otak karena dapat mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan konsentrasi.

7. Menyusun anggaran yang lebih baik

Menyusun anggaran akan membuat keuangan Anda menjadi lebih terencana dan terukur. Anggaran keuangan menjadi semacam peta dalam mengatur keuangan. Di dalamnya berisi catatan pendapatan dan pengeluaran yang akan dikeluarkan.

Untuk itu, Anda perlu menyusun anggaran yang lebih baik dan merealisasikannya sepanjang tahun 2024.

8. Menulis jurnal

Menulis jurnal harian bisa membantu Anda mengurangi stres. Selain itu, catatan dalam jurnal sehari-hari dapat memberikan kehidupan bar uke dalam diri seseorang dan membantu meningkatkan kesehatan fisik sekaligus mental.

9. Setop kebiasaan membeli barang yang tidak perlu

Ide resolusi tahun baru 2024 adalah mulai menghentikan kebiasaan membeli barang yang tidak perlu. Langkah ini akan membuat Anda lebih hemat serta membuat finansial menjadi lebih sehat.

Oleh sebab itu, cobalah untuk membuat resolusi tahun baru dengan menghentikan kebiasaan membeli barang-barang yang tidak perlu.

Demikian informasi tentang ide resolusi tahun baru 2024. Semoga artikel ini menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.