5 Cara Membuat Masker Air Beras ala Wanita Korea untuk Kulit Berseri
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Air beras dikenal karena khasiatnya yang bermanfaat bagi kulit, telah menjadi rahasia kecantikan tradisional dalam rutinitas perawatan kulit wanita Korea selama berabad-abad.

Dilengkapi dengan nutrisi, resep DIY yang sederhana namun efektif ini dapat membantu Anda mendapatkan kulit bercahaya. Berikut cara membuat masker air beras wanita Korea untuk kulit bercahaya, dilansir dari Times of India, Kamis, 28 Desember. 

Bahan:

Siapkan satu cangkir kecil beras. Untuk hasil maksimal, pilih beras organik

Lalu siapkan air. Anda membutuhkan dua gelas air untuk merendam beras dan mengekstrak air beras.

Cara Membuat:

Langkah 1: Bilas beras

Ambil beras dan bilas hingga bersih dengan air dingin yang mengalir. Ini membantu menghilangkan kotoran atau kontaminan di permukaan.

Langkah 2: Rendam beras

Tempatkan beras yang sudah dibilas ke dalam mangkuk dan tambahkan sekitar dua gelas air. Biarkan beras terendam selama 15–30 menit. Selama waktu ini, air akan mulai terlihat keruh.

Langkah 3: Aduk dan ekstrak air beras

Aduk dan ekstrak air beras Setelah beras direndam, aduk perlahan dengan menggosokkan butiran beras secara lembut di antara jari-jari Anda. Tujuannya membantu melepaskan nutrisi bermanfaat ke dalam air. Saring air beras ke dalam mangkuk bersih, pisahkan dari butiran beras.

Langkah 4: Fermentasi (Opsional)

Untuk meningkatkan manfaat, Anda dapat melakukan fermentasi. Biarkan air beras yang telah disaring pada suhu kamar selama 24–48 jam. Fermentasi meningkatkan kandungan nutrisi dan membuat manfaat air beras lebih manjur.

Langkah 5: Penyimpanan

Setelah difermentasi (jika Anda memilih opsi ini), simpan air beras dalam wadah bersih dan kedap udara di lemari es. Suhu dinginnya tak hanya menjaga kesegarannya, tapi juga memberikan sensasi menyegarkan saat diaplikasikan pada kulit.

Cara menggunakan

Cleansing: Gunakan air beras sebagai pembersih dengan cara mengoleskannya ke wajah menggunakan kapas. Usap wajah Anda dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan sisa riasan. Ini bertindak sebagai pembersih alami yang lembut yang tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulit Anda.

Toning: Oleskan air beras sebagai toner. Gunakan bola kapas atau bantalan untuk mengoleskan air beras dengan lembut ke wajah Anda. Sifat toning membantu menyeimbangkan pH kulit, membuat kulit menjadi lebih halus.

Masker: Campurkan air beras dengan bahan alami lainnya seperti madu atau gel lidah buaya untuk membuat masker wajah yang menghidrasi. Oleskan campuran tersebut secara merata dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Rendaman Mandi: Untuk rutinitas perawatan kulit yang memanjakan, tambahkan air beras ke dalam bak mandi Anda. Nutrisinya dapat menyehatkan seluruh tubuh Anda, membuat kulit Anda terasa segar.