4 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Kamu Sering Minum Obat Anti Alergi
Ilustrasi (Jeshoots/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda mengalami gejala alergi yang parah hampir setiap waktu, kemungkinan besar Anda mengonsumsi antihistamin atau obat anti alergi untuk membantu meringankan gejala alergi tersebut. Antihistamin, dikenal juga sebagai “antagonis reseptor H-1” atau “penghambat H-1” – adalah obat yang membantu mengatasi alergi dengan memblokir histamin. Bahan kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh ketika bertemu dengan alergen seperti serbuk sari atau bulu hewan peliharaan, menurut Cleveland Klinik.

Meskipun obat-obatan ini bagus untuk mengendalikan gejala seperti mata berair dan pilek, tapi obat-obatan ini juga dapat timbulkan risiko. 

Hal ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah meminum obat alergi setiap hari bisa berdampak buruk, terutama jika alergi sudah kronis? Jawabannya tergantung pada jenis antihistamin yang dikonsumsi.

Para ahli alergi berbagi kemungkinan risiko penggunaan antihistamin jangka panjang, dilansir dari Livestrong, Rabu, 20 Desember.

Hidung berisiko lebih tersumbat

Meskipun bukan antihistamin (atau secara teknis merupakan obat alergi), banyak orang beralih ke obat semprot hidung seperti Afrin ketika alergi menyebabkan sinus tersumbat. Afrin adalah semprotan dekongestan yang mengecilkan pembuluh darah bengkak di saluran hidung, menurut National Library of Medicine.

Namun jika Anda menggunakan semprotan jenis ini terlalu sering, lalu tiba-tiba berhenti, hidung bisa kembali tersumbat bahkan kemungkinan besar jadi lebih parah. Kondisi ini disebut rhinitis medicamentosa, dan terjadi karena penggunaan dekongestan hidung selama lebih dari tiga hari, menurut Houston Methodist.

“Semakin sering Anda menggunakan obat semprot hidung, semakin buruk gejala yang Anda alami,” kata Sandra Gawchik, DO, FCP, ahli alergi yang berbasis di Pennsylvania dan anggota American Academy of Allergy, Asthma and Immunology.

Meski antihistamin biasa tidak akan menyebabkan hidung kembali tersumbat, obat tersebut juga tidak dapat mengatasi rasa tersumbat dengan baik, kata Asriani M. Chiu, MD, direktur klinik asma dan alergi di Children's Wisconsin.

Untuk menghindari hidung tersumbat kembali, cobalah membatasi jumlah obat semprot hidung dekongestan yang digunakan. Atau bicarakan dengan dokter Anda tentang seberapa sering menggunakannya. Coba juga menghindari bahan aktif seperti oxymetazoline (Afrin), yang dapat menyebabkan hidung tersumbat menurut Houston Methodist.

Sebagai gantinya, cobalah semprotan yang disebut kortikosteroid hidung (seperti fluticasone atau Flonase), yang aman digunakan setiap hari, kata Dr. Chiu.

Mengalami Sembelit

Antihistamin dapat mengeringkan saluran pencernaan Anda, kata Dr. Chiu. Efek pengeringan ini ada hubungannya dengan cara obat memblokir reseptor kolinergik Anda (salah satu neurotransmitter utama dalam sistem saraf), kata Dr. Gawchik.

Kekeringan berarti lebih sedikit air di usus yang dapat menyebabkan usus tersumbat (yaitu sembelit). Sembelit lebih sering terjadi pada antihistamin generasi pertama dan/atau jika Anda menggunakan dekongestan, kata Dr. Gawchik.

Tubuh terasa kering

Efek keringnya tubuh yang menyebabkan sembelit juga dapat menyebabkan kekeringan di bagian lain pada tubuh. Memang benar, beberapa orang mungkin mengalami mulut, hidung, atau tenggorokan kering saat mengonsumsi antihistamin secara rutin. Bahkan bisa menyebabkan kekeringan pada vagina, kata Dr. Chiu.

Hal ini terutama berlaku bagi orang-orang yang rentan terhadap kondisi tubuh kering, kata Dr. Gawchik. Misalnya, orang dengan sindrom Sjogren – penyakit autoimun yang menyebabkan mata dan mulut kering – lebih rentan mengalami kekeringan karena penggunaan obat alergi setiap hari, katanya.

Orang lain yang rentan mengalami kekeringan seluruh tubuh adalah orang dewasa berusia di atas 65 tahun dan mereka yang berada dalam masa pascamenopause, Dr. Gawchik menambahkan.

Kecanduan obat anti alergi

Jika sudah terbiasa mengonsumsi obat alergi, maka Anda mungkin akan tergoda minum obat lebih banyak dari biasanya untuk mengatasi gejala saat musim alergi. Namun setiap kali mengonsumsi obat terlalu banyak, selalu ada kemungkinan bahaya, termasuk risiko overdosis.

“Jika Anda mengonsumsi lebih dari dosis standar, risiko efek samping meningkat,” kata Dr. Gawchik.

Mengonsumsi dua atau tiga kali lipat lebih banyak dari dosis 'normal' dapat menyebabkan masalah berikut pada beberapa orang, menurut Dr. Gawchik:

  • Sedasi
  • Risiko terjatuh
  • Penilaian yang buruk, pemikiran yang tidak terorganisir, ketidakmampuan untuk melakukan tugas-tugas rutin dan gangguan kognitif lainnya
  • Aritmia (detak jantung tidak teratur)

Meskipun kemungkinan overdosis lebih besar pada antihistamin generasi pertama. Tapi masih terdapat risiko overdosis pada obat generasi kedua, kata Dr. Gawchik.