Kaleidoskop 2023: 5 Pola Beracun dalam Hubungan Percintaan Ini Masih Jadi Tren
Ilustrasi pola beracun dalam hubungan percintaan tren tahun 2023 (Freepik/stockking)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Beberapa tahun terakhir, banyak ulasan tentang pola beracun dalam hubungan percintaan atau hubungan lain, seperti pertemanan, rekan kerja, hingga partner yang saling berkomitmen. Sayangnya, di akhir tahun ini, masih banyak pola perilaku merugikan secara emosional, khususnya dalam hubungan percintaan. Berbeda dengan zaman dahulu yang lebih konvensional, saat ini terbuka kesempatan menjalin hubungan lewat sosial media, aplikasi kencan, dan media digital lainnya, banyak orang lebih mudah terhubung lalu menjalin kisah cintanya. Sejalan dengan itu, tak sedikit pula pola beracun dalam kisah cinta yang bikin sulit melanjutkan hubungan sehat. Untuk itu, sebagai referensi sekaligus antisipasi, kenali pola beracun dalam hubungan percintaan yang masih tren tahun 2023.

1. Ghosting

Ketika merasa tidak cocok dengan seseorang, penting untuk terbuka dan memberikan kejelasan. Namun, ghosting jadi preferensi seseorang untuk ‘menghilang’ tanpa kejelasan dan meninggalkan pasangannya. Pola toksik ini mungkin didasari alasan tertentu, namun penting disadari dampaknya. Karena dapat membahayakan kesehatan mental dan emosional serta merusak kepercayaan diri seseorang.

pola beracun dalam hubungan percintaan tren tahun 2023
Ilustrasi pola beracun dalam hubungan percintaan tren tahun 2023 (Freepik/KamranAydinov)

2. Stonewhalling

Populer juga dengan silent treatment, pola toksik dalam hubungan ini ditandai ketika seseorang mungkin akan diam saja saat keadaan menuntutnya melakukan solusi tertentu. Terutama saat konflik atau masalah dalam suatu hubungan, diam mungkin dilatarbelakangi alasan. Namun, menghukum pasangan dengan tidak bicara dengannya adalah salah satu motif stonewhalling.

3. The scorecard

Mengingat-ingat kesalahan pasangan dan mengungkitnya kalau mengulang kesalahan lagi, ternyata bisa beracun untuk hubungan yang sehat. Mencatat kesalahan orang dan masa lalu yang buruk diungkit lagi, membuat seseorang tak merasa nyaman. Hal ini juga termasuk pola beracun dalam hubungan yang hits tahun 2023. Alih-alih alunan musik yang diputar berulang-ulang, kesalahan memang perlu diperbaiki. Tetapi seseorang membutuhkan dukungan emosional dari pasangannya untuk memperbaiki masa lalu.

4. Blame game

Terlibat dalam permainan menyalahkan dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan kita sendiri dapat menciptakan banyak jarak dalam hubungan yang akhirnya mengarah pada kepahitan dan perpisahan. Melansir HidustanTimes, Senin, 18 Desember, blame game juga termasuk pola beracun dalam hubungan yang dialami banyak pasangan tahun ini.

5. Gaslighting

Anda tentu familiar dengan istilah gaslighting. Ini adalah teknik memanipulasi yang digunakan salah satu pasangan di mana mereka dibuat percaya bahwa mereka salah. Hal ini dapat menimbulkan frustasi, kemarahan, kebingungan, dan berujung pada kebencian.

Itulah kelima pola beracun dalam hubungan yang tren tahun 2023. Meskipun pola hubungan ini terlalu merugikan jika diteruskan, tetapi faktanya banyak orang tak menyadari pola ini masih terjadi dalam hubungannya dengan pasangan. Maka, kenali segera tandanya dan berdua berkomitmen membangun hubungan percintaan yang sehat di tahun-tahun mendatang.