Ketahui Ragam Penyebab Nyeri di Pundak dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi nyeri di pundak (Foto: Pixabay/Tumisu)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nyeri di pundak termasuk keluhan yang sering dijumpai dan umum dalam masyarakat. Rasa sakit di pundak cenderung tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan perawatan di rumah. Berikut informasi tentang penyebab nyeri di pundak dan cara mengatasinya.

Penyebab Sakit di Pundak dan Cara Mengatasinya

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 3 Desember 2023, nyeri di pundak dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Cedera pada otot: Disekitar pundak terdapat kumpulan otot dan tendon rotator cuff yang berfungsi menjaga posisi sendi bahu. Akan tetapi, otot dan tendon rotator cuff bisa cedera atau bahkan robek ketika Anda terjatuh, meregangkan tangan ke atas secara berlebihan, atau terlalu sering melakukan peregangan pada bahu. Bila hal ini terjadi, Anda akan kesulitan atau bahkan tidak dapat mengangkat atau memutar lengan.
  • Peradangan: Peradangan atau inflamasi pada jaringan yang menempel erat di sekitar sendi pundak bisa menyebabkan pundak menjadi kaku. Kondisi inni dapat membuat Anda kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.
  • Peradangan pada bursa: Bursa merupakan kantung berisi cairan yang terletak di sekeliling persendian dan berfungsi sebagai pelumas. Nah, terlalu sering menggerakan pundak secara berlebihan bisa menyebabkan peradangan pada bursa. Dalam medis, gangguan ini dikenal dengan bursitis.
  • Peradangan pada tendon: Penyebab nyeri di pundak yang berikutnya adalah peradangan pada tendon alias tendinitis. Inflamasi pada tendon dapat terjadi bila bahu terlalu banyak digerakkan. Selain itu, tendinitis juga dapat terjadi akibat penuaan.
  • Dislokasi bahu: Kondisi ini terjadi ketika tulang lengan atas terlepas dari tulang belikat. Dislokasi bahu disebabkan oleh benturan kuat pada bahu. Dislokasi bahu dapat memunculkan rasa sakit yang parah di pundak.
  • Radang sendi: Radang sendi atau osteoarthritis dapat terjadi pada sendi mana saja, termasuk sendi bahu. Radang sendi termasuk penyebab nyeri di pundak. Bila tidak segera di atasi, gejala ini akan bertambah parah seiring berjalannya waktu.

Bila Anda merasakan nyeri di pundak, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejalanya, antara lain:

  • Kompres dingin: cara mengatasi nyeri di pundak yang pertama adalah memberikan kompres dingin. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi nyeri di pundak yang terjadi dalam 48 jam pertama. Untuk memberikan kompres dingin, Anda bisa membungkus es dengan handuk atau kain, kemudian menempelkannnya pada pundak yang nyeri selama 15-20 menit.
  • Kompres hangat: Kompres hangat juga cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri di pundak. Cara melakukan kompres hangat yakni merendam handuk dalam air hangat, kemudian menempelkannya pada bagian yang nyeri. Beri jeda setidaknya selama 2 jam di antara kompres hangat dan dingin.
  • Ubah posisi tidur: Salah posisi tidur bisa memicu nyeri di pundak. Oleh sebab itu, atur posisi tidur supaya kepala tidak terlalu tinggi dari badan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidur dengan posisi telentang untuk mengurangi ketegangan di pundak.
  • Konsumsi obat pereda nyeri: Bila cara mengatasi nyeri pundak di atas tidak efektif, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Pilihlah obat-obatan yang dijual bebas di apotek, seperti paracetamol dan ibuprofen 200 mg. Untuk nyeri di pundak yang parah, mungkin diperlukan obat pereda nyeri dan relaksan otot yang dapat diperoleh dengan resep dokter.

Demikian informasi tentang penyebab nyeri di pundak dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.