Pusing setelah Beraktivitas Merupakan Gejala Dehidrasi, Atasi dengan Konsumsi 7 Buah Ini
Ilustrasi pusing dan gelas minum (Unsplash/Elena Koycheva)

Bagikan:

JAKARTA – Tubuh lelah setelah seharian tak henti beraktivitas. Jika diikuti pusing kepala, sangat mungkin disebabkan oleh dehidrasi. Dehidrasi sebenarnya disebabkan hal sepele namun jarang disadari, yaitu kurangnya cairan dalam tubuh yang dapat diatasi dengan cukup minum air mineral.

Sebab 62 persen dari tubuh adalah cairan, maka efeknya akan mengganggu jika kekurangan cairan. Nah, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Tergantung berat badan, beratnya aktivitas, dan kondisi tubuh.

Mengingat gejala dehidrasi dapat menghambat aktivitas, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Di bawah ini, daftar buah yang dapat mengimbangi air mineral yang Anda konsumsi setiap harinya.

Semangka

Semangka sering ditemui sebagai buah makanan penutup dalam nasi kotak atau pada acara makan bersama. Bukan tanpa alasan memilih semangka, sebab semangka mengandung begitu banyak air, serat, vitamin, magnesium serta bersifat antioksidan.

Stroberi

Warnanya merah, rasa buahnya manis sedikit asam. Satu buah stroberi mengandung 91 persen air sehingga dapat mengatasi dehidrasi. Ditambah kandungan vitamin C tinggi dapat mengurangi bibir pecah-pecah dan sariawan.

Jeruk

Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi satu buah jeruk sama dengan meminum air mineral satu gelas. Meski tidak bisa menggantikan peran air mineral untuk meredakan haus, tetapi jeruk tetap bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi.

Blewah

Blewah akan mudah ditemukan saat puasa Ramadhan. Mirip seperti stroberi, 90 persen dari buah ini adalah air sehingga dapat melengkapi kebutuhan cairan selama puasa. Aromanya sangat eksotis sedangkan rasanya samar-samar manis. Paling cocok, blewah dioleh menjadi es atau infuse water.

Mentimun

Lebih dari 90 persen satu buah mentimun mengandung air sehingga dapat dikonsumsi saat dehidrasi. Mentimun biasanya diolah menjadi acar, asinan, maupun campuran sup. Namun tak perlu khawatir, sebab mentimun dapat dimakan mentah tanpa diolah.

Melon

Ketika mengupas melon, Anda akan tahu bahwa banyak kandungan air di dalamnya. Saat baru dibelah, bagian tengah pada biji-biji banyak tersimpan air. Aroma melon sangat dikenal, sebab melon juga menjadi perasa sirup.

Kelapa muda

Air kelapa tinggi kandungan elektrolitnya. Untuk menggenapkan kebutuhan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas, Anda bisa meminum air kelapa muda. Air kelapa muda merah, bahkan memiliki manfaat sebagai detoksifikasi tubuh.

Buah-buahan di atas dapat mengatasi dehidrasi. Meski begitu, seseorang tetap membutuhkan air mineral untuk metabolisme tubuh. Artinya, meskipun telah mengonsumsi buah-buahan di atas lengkapi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan cukup minum air mineral.