Cara Membersihkan Lidah Bayi: Awas! Bahaya Jamur Mengintai Kapan Saja
Cara Membersihkan Lidah Bayi (Gambar saiid bel-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru memiliki momongan merupakan fase-fase yang bisa dibilang cukup efford bagi orangtua, apalagi bagi para pasangan muda. Tentunya pengalaman bisa dibilang belum ada dan hanya bermodal baca-baca artikel sana-sini. Dan biasanya yang paling basic banget yaitu cara membersihkan lidah bayi.

Ingat, meskipun bayi masih belum memiliki gigi namun tetap harus di bersihkan mulutnya, apalagi pada lidah yang tentunya rawan terkena jamur. Biasanya sisa-sisa asi akan menempel pada lidah bukan? Nah itu wajib banget untuk di bersihkan.

Faktor Penyebab Lidah Bayi Putih

Sisa Air Susu

Coba deh perhatikan lidah anak kalian, kira-kira apa sifat warnanya? Apa bila warnanya keputihan lidahnya tentunya wajib untuk diperhatikan. Biasanya lidah memutih itu disebabkan oleh air susu, entah itu dari Air Susu Ibu (ASI) atau air susu formula.

Nah yang harus diperhatikan apabila lidah berwarna putih dan setelah dibersihkan dengan cara di usap menggunakan kain basah atau kering dan berubah warna kemerahan seperti lidah pada umumnya maka kalian bisa tenang.

Oral Thrush

Ada yang perlu di waspadai apabila selaput putih yang terkadang terlihat kemerahan di tepi lidah bayi dan terlihat juga pada bagian dalam pipi serta langit-langit mulut maka kemungkinan bayi kalian terjangkit infeksi dari jamur alias oral Thrush.

Pasalnya, biasanya yang menyerang mulut pada bayi ialah jamur Candida albican. Biasanya korbannya ialah bayi yang baru lahir dan belum genap dari dua bulan. Bercak putih tersebut tidak mudah untuk dihilangkan hanya dengan kain. Malah bila terlalu keras mengusapnya bakal membuat lidah si bayi lecet sampai berdarah.

Tanda-tanda apabila si bayi terjangkit oral thrush ialah sering rewel dan tampak tidak nyaman di saat menyusu. Jamur ini biasanya bisa dari luar, semisal Ketika ibu melahirkan normal dan ibu mengalami keputihan dengan jamur Candida albican atau puting susu ibu alami infeksi jamur, atau pengobatan pada bayi menggunakan antibiotik tertentu.

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Menangani Sisa Air Susu

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apabila bercak ataupun warna putih pada lidah bayi gampang dihilangkan, kemungkinan besar memanglah cuma sisa-sisa susu. Bilas lidah bayi yang putih dengan langkah mencelupkan tepi kain yang bersih ataupun kasa steril ke dalam mangkuk kecil air hangat, kemudian buka mulut bayi serta usap perlahan residu susu dengan gerakan melingkar lembut di lidah bayi.

Menangani Oral Thrush

Sesungguhnya keadaan oral thrush yang ringan bisa sembuh ataupun menghilang dengan sendirinya. Tetapi perlu diingat, bila kondisinya jadi lebih parah maka membutuhkan penyembuhan dengan obat anti-jamur.

Umumnya dokter bakal memberikan obat nystatin (anti-jamur) tetes, ataupun losion anti-jamur topikal. Butuh Kalian tahu, obat nystatin (Kandistatin, Cazetin, serta sejenisnya) berbentuk suspensi yang digunakan dengan cara meneteskan beberapa kali sehari lewat pipet pada rongga mulut, lidah serta pipi bagian dalam bayi yang terserang oral thrush. Kemudian pertahankan pada mulut bayi selama mungkin saat sebelum ditelan.

Tujuannya supaya terjadi kontak langsung dalam waktu yang lama antara obat dengan jamur yang bakal dihilangkan. Bercak putih bisa cepat menurun apalagi dalam rentang waktu 24 jam pertama penggunaan, walaupun begitu masih dapat akan tumbuh lagi. Jadi, Kalian dianjurkan buat senantiasa ikuti petunjuk dari dokter.

Jadi setelah mengetahui tata cara membersihkan lidah bayi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!