5 Jenis Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi untuk Perlambat Proses Penuaan Kulit
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki kulit mulus dan bercahaya serta awet muda tentu menjadi dambaan banyak orang. Hal tersebut bisa dilakukan salah satunya dengan menjaga pola makan, serta mengonsumsi makanan yang kaya anti oksidan.

Dikutip dari Times of India, Selasa, 7 November, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, berserat, kaya akan kandungan air, dan bernutrisi, maka akan berdampak pada tubuh, terutama kulit. Berikut ini makanan kaya antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit.

Blueberry

Blueberry sering disebut-sebut sebagai makanan super karena alasan yang bagus. Buah kecil berwarna biru tua ini kaya akan antioksidan, terutama antosianin, yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi kulit dari penuaan dini.

Blueberry juga kaya akan vitamin C yang mendukung produksi kolagen untuk kulit halus dan kenyal. Selain itu, sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Alpukat

Alpukat, buah lembut dan lezat merupakan gudang nutrisi untuk kulit. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi dan bercahaya.

Alpukat juga kaya akan vitamin E, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, dan vitamin C, yang dikenal karena sifatnya yang meningkatkan kolagen. Bicara tentang buah-buahan anti penuaan, buah ini wajib dikonsumsi untuk awet muda.

Delima

Buah dengan warna biji merah delima, adalah penyelamat kulit. Buah ini dikemas dengan antioksidan kuat yang disebut polifenol, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan memperbaiki tekstur kulit.

Delima juga membantu produksi kolagen dan meningkatkan regenerasi sel kulit, mengurangi munculnya kerutan. Nikmati sebagai camilan atau tambahkan bijinya ke salad Anda untuk meningkatkan efek anti-penuaan.

Pepaya

Pepaya, sering disebut sebagai "buah bidadari", adalah buah tropis yang kaya akan vitamin, mineral, dan enzim. Selain itu kaya juga akan vitamin A, C, dan E, yang meningkatkan perbaikan dan pembaharuan kulit.

Enzim papain dalam pepaya berperan sebagai exfoliant alami, mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus.

Kiwi

Kiwi, dengan daging berwarna hijau cerah dan biji kecil berwarna hitam, adalah dinamo penambah kolagen. Ini sangat tinggi vitamin C, yang merangsang produksi kolagen dan membantu menjaga elastisitas kulit.

Kiwi juga mengandung vitamin E dan antioksidan lain yang melawan stres oksidatif, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.