5 Cara Memandikan Kucing Anggora agar Bulunya Terlihat Cantik
Ilustrasi cara memandikan kucing anggora (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang memiliki kucing berbulu panjang, penting rutin memandikannya. Selain agar bulunya terlihat cantik dan tidak kusut, perawatan rutin ini wajib dilakukan supaya mencegah masalah medis seperti kutu, penyakit kulit, dan benjolan. Cara memandikan kucing angora sebetulnya tidak membutuhkan paralatan mewah ataupun mahal. Cukup menyiapkan sisir logam berkualitas baik, sikat berbulu lembut, pemangkas kuku kucing, sampo yang diformulasikan untuk kucing, pengering rambut, tisu untuk membersihkan telinga, dan sikat serta pasta gigi. Langkah-langkahnya berikut di bawah ini.

1. Mulai dari mengurai bulu kusut

Agar tak semakin kusut setelah dimandikan, penting sebelum memandikan kucing anggora untuk mengurai kekusutan terlebih dahulu. Sisir bulunya dengan hati-hati dan sesuai dengan arah tumbuhnya. Ini akan membantu menghilangkan bulu rontok dan mendistribusikan minyak alami pada kulit kucing. Setelah disisir dengan sisir bergigi rapat, akhiri dengan sisi bergigi lebih jarang.

Penting diketahui, kucing anggora tidak perlu terlalu sering dimandikan. Terlalu sering mandi justru membuat anabul kesayangan mengalami masalah kulit. Praktisnya, mandikan kucing anggora saat terlihat kotor atau mulai berbau.

cara memandikan kucing anggora
Ilustrasi cara memandikan kucing anggora (Freepik/tache)

2. Tempatkan pada wastafel atau bak

Saat memandikan kucing, pertimbangkan tempat yang nyaman. Misalnya tempat yang tidak banyak gangguan suara. Pilih juga bak atau wastafel yang memungkinkan air bisa mengalir dengan mudah. Setelah menempatkan kucing, basahi kucing dengan hati-hati. Jangan sampai air masuk telinga dan mengenai matanya.

3. Oleskan sampo dan usapkan dengan lembut serta merata

Perlu dipahami, memandikan kucing perlu memakai air hangat. Ini dilakukan supaya kucing tidak kedinginan atau menyesuaikan dengan suhu tubuhnya. Setelah tubuhnya basah, oleskan sampo dan diusapkan dengan lembut. Seperti saat mengguyur dengan air, hati-hati jangan sampai mengenai mata dan telinga kucing. Selanjutnya, bilas sampo hingga bersih.

4. Balut dengan handuk

Setelah bersih, balut tubuh kucing yang basah dengan handuk untuk menyeka air pada bulunya. Selanjutnya, keringkan bulu kucing dengan pengering rambut. Tetapi perhatikan respons kucing ketika mendengarkan suara hairdyer. Beberapa kucing tidak nyaman dengan suara pengering rambut. Jika kucing Anda mengalaminya, tenangkan mereka dan pilih suhu paling rendah. Usap-usap tubuhnya supaya anabul kesayangan merasa nyaman.

cara memandikan kucing anggora
Ilustrasi cara memandikan kucing anggora (Freepik/grmarc)

5. Potong kuku, sikat gigi, dan bersihkan telinga

Alat pemotong kuku kucing didesain memudahkan pekerjaan ini. Maka, pakailah pemotong kuku khusus untuk kucing. Lakukan pemotongan kuku dengan hati-hati. Setelah memotong kuku, sikat gigi kucing supaya kesehatan mulut dan giginya tetap terjaga. Terakhir, bersihkan bagian luar telinga hingga bersih memakai tisu atau gulungan kapas dengan perlahan dan hati-hati.

Itulah kelima cara memandikan kucing anggora. Karena situasi mandi tidak membuat kucing senang, Anda perlu memberikan reward. Setelah semua langkah selesai, berikan mereka snack kesukaannya.