Golden Disc Awards ke-38 Akan Digelar di Jakarta, 6 Januari 2024
Logo Golden Disc Awards (JTBC)

Bagikan:

JAKARTA - Acara penghargaan Golden Disc Awards (GDA) ke-38 akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia. Pihak GDA mengumumkan GDA akan digelar pada 6 Januari 2024 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta.

Pihak komite menjelaskan genre K-pop yang sudah mendunia juga berkembang berkat penggemar di Asia. Alhasil, diselenggarakannya acara ini juga menjadi apresiasi kepada penggemar yang sudah mendukung musik K-pop.

“Pengaruh K-pop terus berkembang di pasar musik global, dan permintaan penggemar Asia yang ingin bertemu artis K-pop terus bertambah,” kata pihak komite mengutip JTBC.

“Untuk memenuhi tren ini, kami memutuskan untuk menggelar acara di Jakarta agar membentuk kesempatan untuk lebih banyak penggemar yang bisa berkomunikasi melalui K-pop,” katanya.

JIS disebut dapat menampung 80 ribu orang dan tempat ini diketahui menjadi tempat U-17 World Cup yang akan digelar mulai 10 November mendatang.

Golden Disc Awards merupakan salah satu ajang penghargaan di Korea Selatan yang memberi apresiasi kepada musisi lokal. Digelar pertama kali pada tahun 1986, acara ini terus berkembang hingga saat ini.

BTS menjadi grup dengan peraih Daesang terbanyak yaitu 28 penghargaan, dilanjutkan dengan Super Junior sebanyak 20 penghargaan dan EXO sebanyak 18 penghargaan.

Sepanjang penyelanggaraan, Golden Disc Awards pernah mengadakan acara penghargaan di luar Korea Selatan. Pada tahun 2013, untuk pertama kalinya mereka menggelar di Malaysia, dilanjutkan Jepang dan China.

Penyelenggaraan tahun sebelumnya juga dilakukan di Thailand di mana sejumlah grup dan penyanyi K-pop turut hadir. GDA di Jakarta menjadi kelima kalinya pihak komite membuat acara di luar Korea Selatan.

Adapun, nominasi untuk setiap kategori akan diumumkan melalui media sosial pada 4 Desember mendatang. Pihak komite akan segera mengumumkan line up yang menghadiri GDA di Jakarta.