7 Rekomendasi Tontonan Horor untuk Sambut Halloween
Devil on Trial (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Bulan Oktober selalu identik dengan perayaan Halloween yang jatuh di tanggal 31 Oktober. Tradisi yang bermula dari festival Samhain Celtic di mana orang-orang mengenakan kostum untuk mengusir hantu.

Tradisi Halloween mulai berkembang menjadi mengukir labu, pertemuan meriah, pesta kostum, dan trick or treat. Genre horor dan misteri kemudian selalu dikaitkan dengan perayaan Halloween.

Meski Indonesia tidak merayakan Halloween, namun sejumlah film dan serial mengandung cerita horor bisa menjadi sambutan tersendiri untuk akhir bulan Oktober ini. Simak 7 rekomendasi film dan serial di bawah ini:

The Fall of the House of Usher

Mike Flanagan, kreator The Haunting of Hill House menghidupkan karya Edgar Allan Poe dalam sebuah cerita. Serial ini mengisahkan dua bersaudara: Roderick dan Madeline Usher yang membangun perusahaan Fortunato Pharmaceuticals menjadi sukses dan mereka berkuasa.

Suasana itu berubah ketika sebuah rahasia dari masa lalu terkuak dan menyebabkan ahli waris Usher meregang nyawa di tangan seorang perempuan. Serial The Fall of the House of Usher memiliki 8 episode.

Bayi Ajaib (Remastered)

Salah satu film horor fenomenal di Indonesia, Bayi Ajaib menceritakan persaingan Dorman dan Kosim untuk menjadi lurah di sebuah desa. Dorman yang meminta arwah nenek moyangnya diminta untuk merasuki bayi yang dikandung istri Kosim. Kelahiran bayi itu menjadi awal dari teror yang tidak akan berakhir. W.D. Mochtar, Rina Hassim, dan Muni Kader membintangi film yang baru-baru ini direstorasi.

The Devil on Trial

Kasus pembunuhan viral Arne Johnson menjadi salah satu kasus ‘berbeda’ dalam sejarah hukum Amerika Serikat. Pasalnya, kasus ini berkaitan dengan kerasukan setan yang resmi digunakan. Kasus ini juga diadaptasi dalam film The Conjuring: The Devil Made Me Do It.

Pada tahun 1980, David Glatezel, anak laki-laki 11 tahun mulai bersikap aneh dan keluarganya menyangka ia kerasukan setan. Kedua orang tuanya memanggil Ed dan Lorraine Warren, pasangan paranormal yang melakukan pengusiran setan bersama seluruh anggota keluarganya.

Pada prosesnya, Arne Johnson, kekasih Carl yang merupakan saudara dari David menantang setan itu untuk masuk ke tubuhnya. Akan tetapi, lima bulan berlalu, Arne membunuh Alan Bono, tuan tanahnya yang berusia 40 tahun. Arne bersaksi di pengadilan mengklaim dirinya kerasukan setan.

Hitam

Seorang warga tewas terbunuh dimakan zombie. Para tetangga dan warga sekitar mulai melakukan penyidikan seiring banyaknya korban berjatuhan. Akan tetapi, warga mulai curiga dengan Pak Dibyo (Donny Damara) yang berusaha menghalangi penyelidikan kasus. Anak Pak Dibyo juga sakit-sakitan setelah pulang dari London.

Castlevania: Nocturne

Berbeda dengan konten lainnya, Castlevania: Nocturne menampilkan kisah vampir di tahun 1792 di Eropa. Di sebuah sudut barat Prancis, sebuah artisokrasi melawan revolusi yang bersekutu degan Vampire Messiah yang mengerikan. Penyihir asal Karibia bernama Annette mencari Richter Belmont, keturunan terakhir dari keluarga pemburu vampir untuk memimpin perlawanan budak manusia.

Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities

Sutradara pemenang Academy Awards Guillermo del Toro mengumpulkan delapan kisah menyeramkan dari sutradara horor, Jennifer Kent. Makhluk asing dan tema unik akan memenuhi rasa penasaran melalui rangkaian cerita dari sang kurator.

Beyond Evil

Lee Dong Sik (Shin Ha Kyun) ditugaskan untuk menjadi detektif di Manyang. Ia juga dipertemukan dengan Han Joo Won (Yeo Jin Goo), detektif elit yang merupakan anak dari calon kepala Kepolisian. Ketika kasus pembunuhan terjadi di kota Manyang, keduanya bekerja sama mencari sang pembunuh. Serial Beyond Evil memenangkan Drama Terbaik di Baeksang Arts Awards 2021. Drama ini bisa ditonton di Netflix.